Thursday, 15 November 2018

Ini Catatan Anies Usai Menjajal LRT

Rabu, 12 September 2018 — 20:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (cw6)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (cw6)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah selesai melakukan uji coba terbatas tahap I LRT dari Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018) petang.

Dalam hal ini, Anies berharap seluruh proses konstruksinya dapat rampung sesuai jadwal. “Barusan tadi kita mencoba LRT Jakarta kita berharap nanti bisa seluruh proses konstruksinya sesuai jadwal dan seperti biasa on quality juga, on budget sehingga tiga kriteria utama setiap kita membangun sesuatu adalah on schedule, on budget, on quality mudah-mudahan semuanya bisa tercapai,” ucapnya usai melakuan uji coba LRT.

Dalam uji coba terbatas tahap I, Anies menyebut jika LRT tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Namun, lanjut Anies, ada beberapa catatan yang harus dilakukan oleh pengelola LRT. Salah satunya, soal pengintegrasian dengan moda tranaportasi lain.

“Karena ini pada fase finalisasi yang nanti akan dituntaskan oleh pengelola LRT. Dari sini, fase berikutnya adalah pengintegrasian agar jalur LRT ni tidak berdiri sendirian tapi terintegrasi dengan moda transportasi yang lain,” katanya.

Soal harga, Anies belum dapat memastikannya. Alasannya, ia fokus terhadal keamanan penumpang dalam LRT terlebih dahulu.

“Jadi risikonya harus nol. Karena itu semua potensi risiko dan disiapkan langkah-langkah konkretnya termasuk tadi ketika melihat ada jeda antara gerbong dengan peron,” ujarnya.

LRT tersebut, kata Anies, rencananya akan rampung dan diresmikan pada awal tahun 2019. “Targetnya awal 2019 bisa dioperasikan,” tandasnya. (cw6/b)