Monday, 19 November 2018

Naik ke Papan Atas

Kemenangan Atas Borneo Jadi Modal Berharga Persija Hadapi PSIS

Rabu, 12 September 2018 — 21:39 WIB
Pelatih Persija Jakarta, Stefano 'Teco' Cugurra. (dok)

Pelatih Persija Jakarta, Stefano 'Teco' Cugurra. (dok)

JAKARTA – Tim Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta berhasil mencuri poin penuh dalam lawatan mereka ke Stadion Aji Imbut, Tenggarong, usai mengalahkan Borneo FC 1-0 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia, Rabu (12/9/2018) malam WIB. Satu-satunya gol penentu kemenangan Macan Kemayoran dicetak Novri Setiawan di penghujung laga.

Raihan tiga angka menjadi modal positif bagi skuad asuhan Stefano ‘Teco’ Cugurra untuk menghadapi PSIS Semarang, pekan depan. Apalagi PSIS baru saja menelan kekalahan dengan skor 2-3 dari PSMS Medan pada hari yang sama. Selain itu, kemenangan ini juga membawa Ismed Sofyan dan kolega meroket ke papan atas klasemen sementara Liga 1. Dengan koleksi 33 poin dari 21 laga, Persija merangsek ke tangga kelima klasemen atau terpaut dua angka Bhayangkara FC yang sukses mengambil alih pimpinan klasemen usai mengalahkan Perseru Serui pada hari yang sama.

(BacaDi Markas Borneo FC, Persija Menang Secara Dramatis)

Bermain dengan status tuan rumah, Borneo sebenarnya tampil menekan lebih dulu melalui sundulan Renan Da Silva Alves pada menit ke-10. Namun, bola sundulan pemain asal Brasil itu masih bisa ditangkap kiper Persija kawalan Andritany Ardhiyasa. Persija baru mendapatkan peluang emas pada menit-menit akhir babak kedua melalui Marko Simic. Namun, tendangan bebas Simic masih bisa ditepis kiper Borneo FC kawalan Nadeo Arga Winata. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua laga, Persija mendapatkan dua peluang melalui Rezaldi Hehanusa pada menit ke-50 dan Ramdani Lestaluhu pada menit ke-56. Tembakan Rezaldi masih melayang di atas mistar gawang Borneo FC, sedangkan tembakan Ramdani kembali ditepis Nadeo. Pada menit ke-70, Simic kembali membuang peluang untuk mencetak gol. Berhasil merepotkan lini pertahanan Borneo FC, namun tembakan pemain asal Kroasia itu masih melambung di atas gawang lawan. Borneo hampir membuka keunggulan pada menit ke-84 melalui aksi Wildansyah.

(BacaIni Cerita Lain Saat Persija Ungguli Borneo FC)

Tetapi, bola hasil tembakan volinya masih melayang tipis di atas mistar gawang Persija. Pada menit ke-90, Borneo kembali mendapatkan peluang dari Tijani Belaid. Namun, bola hasil tembakan pemain Tunisia itu hanya berbuah tendangan sudut karena diblok. Gol yang ditunggu-tunggu Persija, akhirnya tercipta pada menit ke-90+3. Novri Setiawan mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan Yan Nasadit. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan.

Dengan hasil itu, Borneo harus puas tertahan di papan tengah dengan 29 poin dari 21 laga. Skuad asuhan Dejan Antonic itu tertinggal satu angka di bawah Persipura Jayapura yang sehari sebelumnya menang 1-0 atas Sriwijaya FC. Selanjutnya, Borneo bakal akan menghadapi Persib Bandung, awal pekan mendatang. (junius/ys)