Saturday, 17 November 2018

Lima Pembobol Toko di Tanah Abang Ditangkap

Rabu, 12 September 2018 — 22:24 WIB
Pencuri malam

JAKARTA – Sindikat pembobol toko di Jakarta diringkus Subdit Resmob Polda Metro Jaya. Lima tersangka diringkus usai membobol toko Lieloo Fashion Kids Lt 1 Los C, Jembatan Hijau, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dari tersangka, AR, A, AK, US, dan CM, polisi menyita uang tunai total Rp. 2,7 juta, 4 anak kunci rolling door, satu lembar nota pembelian pakaian Toko Lie Loo Fashion Kids berisi
pakaian 55 lusin seharga Rp 29,6 juta tertanggal 18 Juli 2018 berikut 2 karung pakaian dan handphone.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, kelima tersangka masih diperiksa apakah kawanan ini juga beraksi di tempat lain. Mereka ditangkap 17 Juli lalu. Penangkapan pelaku berdasarkan laporan sejumlah pemilik ruko.

“Tersangka melakukan pencurian dengan pemberatan secara bersama dengan cara
membuka paksa gembok rollingdor menggunakan kunci leter “T” dan kunci duplikat yang sudah disiapkan,” kata Argo, Rabu (12/9).

Dikatakan, dalam menjalankan aksinya kelima tersangka memiliki peran masing-masing. Dan mereka mengamati targetnya sekitar satu minggu. “Jadi pelaku ini sampai mengetahui kapan pemilik ruko pulang sehingga mereka dapat mengambil barang-barang di dalamnya,” tukasnya.

Argo menambahkan, pelaku membobol ruko dengan merusak gembok dengan kunci T.
Di dalam ruko, tersangka lalu mengambil barang dagangan pemilik ruko dan turut menggasak uang yang disimpan di meja kasir.

Barang-barang tersebut kemudian dijual kepada seorang pengepul yang juga telah diamankan polisi. “Kami menduga lebih dari satu ruko yang dibobol. Kami mengimbau para pemilik ruko yang merasa menjadi korban untuk segera melapor,” ujar Argo.

Aksi pencurian itu terjadi, pada Kamis (12/7), sekitar pukul: 15.30 wib. Saat itu, korban pulang dengan menutup rapat pintu toko dan mengunci rolling dor toko. Kemudian, pada Jumat (13/7) saat korban balik ketokonya mendapati kunci gembok tokonya sudah dalam keadaan rusak dan barang-barang didalam toko sudah tidak hilang.

Mendapat laporan, tim opsnal unit 1 subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap AR berikut barang bukti hasil kekajatan. Dari keterangan AR lalu petugas membekuk 4 rekannya A, AK, US, dan CM dikawasan Bekasi dan menyita berbagaimacam alat dan barang hasil curian. (ilham/b)