Tuesday, 25 September 2018

Murid SDN Cadasngampar Gantar Gotong Royong Bangun Perpustakaan

Rabu, 12 September 2018 — 12:09 WIB
Murid SDN Cadasngampar Gantar gotong royong bangun perpustakaan.(taryani)

Murid SDN Cadasngampar Gantar gotong royong bangun perpustakaan.(taryani)

INDRAMAYU – Kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan, seperti gedung  perpustakaan, menjadi dambaan setiap sekolah.

Karena itu,  begitu ada kabar SDN Cadasngampar mendapat bantuan dana dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan gedung perpustakaan, murid-murid menyambutnya dengan gembira.

Saat jam istirahat,  mereka spontan bahu membahu,  bergotong-royong membantu memindahkan batu-bata,  guna pembangunan gedung perpustakaan sekolah. Dengan beraktifitas bergotong-royong memindahkan batu bata untuk pembangunan gedung perpustakaan SDN Cadasngampar kaos olahraga yang mereka kenakan basah kuyup oleh keringat.

“Kita gotong-royong sambil olahraga. Enak badan jadi sehat,” komentar Dody, 11 salah seorang siswa Kelas VI SDN Cadasngampar.

Dody bersama rekan-rekannya tak disuruh membantu tukang bangunan memindahkan batu bata untuk pembangunan gedung perpustakaan. Namun,  rupanya  bocah-bocah usia SD ini merasa terpanggil. Rupanya mereka sudah tidak sabar lagi ingin memiliki gedung perpustakaan, layaknya sekolah lain.

Meskipun hasil pekerjaan anak-anak itu  tidak maksmial,  karena waktunya terbatas, hanya  pada saat  jam istirahat,  namun aktifitas gotong-royong mereka cukup membanggakan. Sekolah dan orang tua mereka juga bangga  melihat anak-anak bersemangat bergotong-royong.

“Ternyata yang mendambakan  bangunan perpustakaan sekolah itu  bukan hanya guru-guru  dan orang tua saja. Murid-murid juga menginginkan ada bangunan perpustakaan sebagai penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah,” ujar Rusman (45) salah seorang wali murid.

SDN Cadasngampar tahun anggaran 2018 ini memperoleh bantuan dana untuk pembangunan gedung perpustakaan dari Pemerintah Pusat melalui dana APBN tahun 2018. Jumlah ruang atau lokal yang dibangun pada bangunan perpustakaan itu  seluruhnya 2 lokal.

Kepala SDN Cadasngampar, Abdullah, S.Pd.I dijumpai Pos Kota di  kantornya, Rabu (12/9/18)  menyatakan lega sekaligus bersyukur  kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada tahun ini,  mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat guna membangun  gedung perpustakaan. “Selama ini   ruang perpustakaan  SDN Cadasngampar menumpang dan memanfatakan  ruang yang ada,” ujarnya.

Dengan adanya  bangunan perpustakaan yang baru itu diharapkan minat baca anak-anak semakin meningkat. “Bantuan pembangunan gedung perpustakaan ini  merupakan amanah dari Pemerintah Pusat yang wajib  dilaksanakan  dengan sebaik-baiknya, demi majunya pendidikan,”  katanya.

Ditambahkan, kondisi sarana dan prasarana sekolah saat ini masih terbatas. “SDN Cadasngampar sampai saat ini masih belum memiliki ruangan  kantor guru. Bahkan jumlah WC nya saja masih sedikit, baru ada  2 unit. Hal itu tak sebanding dengan jumlah murid yang mencapai  226 anak,” katanya.

Harapan ke depan,  setelah sekolah memiliki bangunan perpustakaan dan ada pengelola khusus perpustakaan yang memadai,  semakin menumbuhkan minat anak-anak membaca.  “Semoga dengan adanya  bangunan perpustakaan ini anak-anak semakin  gemar membaca di perpustakaan sekolah,”  harap Abdullah, S.Pd.I. (taryani/tri)