Monday, 24 September 2018

Pulangkan Dong Mas Roy Apa Tidak Takut Bintitan?

Rabu, 12 September 2018 — 6:07 WIB
sby

TEGORAN Sekmen Kemenpora itu ironis juga jadinya. Masak seorang mantan Menpora sekaliber KRMT Roy Suryo, belum kembalikan aset kementerian sampai bertahun-tahun lamanya? Jumlahnya pun fantastis, sampai 3.226 item. Jika memang benar, seyogyanya segera kembalikan. Apakah Mas Roy Suryo tidak takut bintitan?

Jaman Orde Baru dulu, anggota DPR yang habis masa jabatannya boleh bawa pulang inventaris rumah dinas, dari meja kursi, lemari sampai tempat tidur.

Bagaimana dengan kementerian? Tak diketahui pasti. Yang jelas mantan Menpora KRMT Roy Surya dapat surat tegoran Sekmen Kemenpora Mei lalu, karena sejak Desember 2014 masih ada inventaris Kemenpora yang belum dikembalikan.

Dalam surat itu ada disebutkan jumlahnya, sampai 3.226 item. Tapi tak ada rincian apa saja barang itu. Sedangkan isyu yang beredar disebutkan, ada TV plasma, kamera dan ranjang. Bahkan di medsos aset negara yang sampai ribuan itu ditambah dengan barang-barang yang lucu-lucu.

Roy membantah isu tersebut. “Nggak ada itu, itu isyu. Buat apa itu (aset negara) saya bawa,” kata Roy yang tertawa terbahak mendengar isu miring itu. Tapi bulan Mei 2018 ternyata Kemenpora kembali menagih, sehingga KRMT Roy Suryo pun kemudian menggunakan pengacara.

Jika mantan Presiden SBY sampai memperingatkan juga kepada Roy Suryo, berarti tegoran dari Sekmen Kemenpora itu tidak main-main. Tapi apa iya sih, KRMT Roy Surya yang trah Pakualaman itu sampai segitunya. Kata orang Yogya pasti, “Kok ngrekes temen (kok hina amat).”

Dalam kultur Jawa ada kepercayaan, memberikan barang kepada seseorang diminta lagi, atau pakai barang orang tak dikembalikan; konon bisa kena bintitan atau bisul di mata. Apakah KRMT Roy Suryo tidak takut bintitan?

Roy Suryo memang termasuk politisi Demokrat yang cukup “vokal”, apa saja dinyinyiri. Maka ketika dia diterpa isyu soal aset negara tersebut, banyak jadi bahan olok-olok netizen. – gunarso ts