Sunday, 23 September 2018

Anggaran Pembangunan RPTRA Dipangkas

Kamis, 13 September 2018 — 1:50 WIB
anak-bermain-di-rptra-benhil-toga-2

JAKARTA – Anggaran pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dipangkas. Dari semula Rp1,2 miliar menjadi Rp1 miliar untuk setiap pembangunan sarana tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati menyampaikan, bahwa terjadi pengurangan anggaran senilai Rp236 juta dari pagu yang telah disiapkan pada APBD 2018 penetapan sebesar Rp1,2 miliar.

“Pengurangan kami lakukan karena dua pembangunan RPTRA yang kita usulkan sebelumnya tidak jadi dibangun pada tahun (2018-red) ini,” katanya.

Sebagai informasi, Gubernur Anies sempat menghentikan pembangunan RPTRA. Dalam APBD 2018, Anies menghapus anggaran untuk membangun 47 RPTRA. Anies juga tidak menganggarkan RPTRA dalam RPJMD 2019.

Anies lantas menggantinya dengan pembangunan Taman Maju Bersama. Tahun ini, dianggarkan Rp27 miliar untuk 10 Taman Maju Bersama. Anies menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar untuk membangun setiap tamannya.

Sementara itu Walikota Jakarta Pusat meresmikan RPTRA MH. Thamrin di Jl Kenari II RW 04 Kelurahan Kenari. Sarana interaksi warga yang berdiri di atas lahan sekitar 800 meter persegi tersebut merupakan yang pertama keberadaannya di wilayah Kecamatan Senen.

“Ini merupakan RPTRA pertama yang ada di Kecamatan Senen, sehinga keberadaannya sangat dinantikan masyarakat,” jelas Walikota Jakpus, Bayu Meghantara. Hadir Camat Senen, Munjir Munaji dan Ketua TP PKK Jakpus, Cintya Bayu Meghantara didampingi Kasudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakpus, Erma Suryani.(tarta/ruh)