Saturday, 22 September 2018

Baru Diperbaiki Saluran Air Kok Sudah Rusak?

Kamis, 13 September 2018 — 6:46 WIB
Turap Kali Ancol patah, padahal perbaikan baru saja dilakukan Sudin Sumber Daya Air. (deny)

Turap Kali Ancol patah, padahal perbaikan baru saja dilakukan Sudin Sumber Daya Air. (deny)

JAKARTA – Sejumlah saluran air yang baru diperbaiki di Jakarta Utara, rusak tanpa sempat diuji di musim penghujan. Pengerjaannya yang diduga asal, pun dituding menjadi penyebab bobroknya kembali saluran air tersebut.

“Pengerjaannya seperti asal saja, padahal kan itu pakai uang rakyat. Masa baru diperbaiki sudah bobrok lagi, belum juga musim hujan datang,” cetus Satria, 41, warga Jakarta Utara, Rabu (12/9/2018).

Tak hanya itu, kurangnya pengawasan dituding juga menjadi penyebab proyek perbaikan saluran di Jakarta Utara, asal jadi. “Bisa jadi (pengawasan lemah, red), karena pejabat pelaksananya tidak ingin capek juga,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, berapa saluran air seperti di Jalan Martadinata dan turap Kali Ancol yang belum lama diperbaiki sudah rusak kembali. Padahal, proyek perbaikan dengan dana APBD puluhan hingga ratusan juta tersebut baru kelar.

Wakil Walikota Jakarta Utara, Junaedi meminta Suku Dina Sumber Daya Air untuk melakukan pengecekan dan perbaikan kembali. Terlebih, saat ini Pemkot Jakarta Utara tengah berbenah untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan.

“Ya harus diperbaiki lagi dong, ini juga kan kita semua lagi gencar rutin setiap Sabtu dan Minggu di wilayah kerjabakti bersihin saluran-saluran kalau ada yang mampet,” ucapnya. Junaedi pun, memeritahkan perbaikan segera dilakukan. (deny/b)