Monday, 24 September 2018

Ombak Tinggi, Ikan Banyak Terdampar di Pantai

Kamis, 13 September 2018 — 12:39 WIB
Penjala ikan di Pantai Eretan memungut ikan-ikan kecil yang tersangkut jala. (taryani)

Penjala ikan di Pantai Eretan memungut ikan-ikan kecil yang tersangkut jala. (taryani)

INDRAMAYU – Ombak cukup besar yang menerjang Pantai Eretan, Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (13/9/18) membuat ikan, kepiting dan rajungan terbawa ombak hingga menepi ke pantai. Warga pun ramai berdatangan.

Sejumlah warga datang dengan membawa jala. Ikan yang terdampar ke pantai beraneka mancam dan ukuran. Mulai dari yang kecil seukuran teri medan hingga ikan berukuran sekitar 20 cm.

“Alhamdulillah sudah dapat setengah karung plastik. Lumayan ikannya buat lauk di rumah,” ujar Yanto, warga.

Menurutnya, kejadian alam menepinya sekumpulan ikan di pantai ini jarang terjadi. “Baru kali ini saya melihat begitu banyak ikan kecil dan sedang menepi terbawa ombak,” katanya. “Ikan-ikan itu seperti setengah teler, tidak menjauh meskipun didekati orang yang menjalanya.”

Tak hanya dengan jala, warga juga banyak yang mencari kepiting, rajungan, siput di sela-sela tumpukan batu break water di Pantai Eretan. mereka menangkapinya dengan kedua tangan alias tanpa bantuan alat tangkap. “Kemarin saya dapat kepiting dan rajungan sampai dua ember plastik besar,” kata Jaki, warga lain.

Ia mengaku bersama teman tidak sengaja mencari kepiting dan rajungan di sela-sela batu break water. “Tadinya hanya ingin main-main saja di pantai. Ternnyata di tumpukan batu di pantai banyak kepiting, kami jadi ke mencari kepiting dan rajungan. Kan lumayan nanti jadi bisa makan lauk sea food.” (taryani/yp)