Wednesday, 14 November 2018

Ada Usulan Debat Bahasa Inggris, Karding Ajak Kubu Prabowo Debat Bahasa Arab

Jumat, 14 September 2018 — 16:26 WIB
Jokowi dan Prabowo  (dok)

Jokowi dan Prabowo (dok)

JAKARTA –  Setelah ada usulan sesi debat capres-cawapres berbahasa Inggris dari kubu Prabowo – Sandiaga Uno, kini kubu Jokowi – Ma’ruf Amin  mengajukan usul diadakan debat pakai bahasa Arab dan lomba ngaji.

“Kok ada-ada saja. Kalau begitu, saya juga bisa usul sebaiknya capres lomba salat, lomba ngaji, debat bahasa Arab. Jadi menurut saya, ayolah kita yang rasional saja, yang patut saja,” kata Abdul Kadir Karding, Selain itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Jumat (14/9/2018).

Hal itu disampaikan untuk menanggapi usulan sesi debat berbahasa Inggris yang dilontarkan oleh kubu Prabowo-Sandi, yang juga Ketua DPP PAN, Yandri Susanto. Dia mengatakan, rakyat Indonesia juga ingin menilai seberapa mumpuni calon pemimpinnya dalam bergaul di dunia internasional bersama pemimpin-pemimpin negara lain.

Karding mengingatkan, bangsa Indonesia seharusnya bangga menggunakan bahasa Indonesia. Apalagi, masalah penggunaan bahasa nasional itu sudah tertulis dalam Undang-Undang.

“Dalam Undang-Undang tentang bahasa diwajibkan semua acara-acara formal itu menggunakan Bahasa Indonesia. Termasuk, kalau kita ke luar negeri. Di forum-forum formal wajib bahasa Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu, ia meminta agar kubu lawan tidak lagi mengeluarkan usulan-usulan aneh. Sebab ia menilai lebih baik proses debat dilakukan dengan hal-hal yang mengandung makna dan isi seperti adu program dan kemampuan saja. “Lebih baik usulkan debat program, jejak rekam, prestasi,” ujarnya. (win)