Thursday, 15 November 2018

Barcelona Kalah dari Real Madrid

Jumat, 14 September 2018 — 5:32 WIB
Pemain pemain Real Madrid angkat piala Liga Champion

Pemain pemain Real Madrid angkat piala Liga Champion

SPANYOL- Barcelona kalah dari Real Madrid soal pendapatan musim lalu. Kekalahan ini akibat Blaugrana gagal di Liga Champions. Selisih pendapatan kedua tim raksasa Spanyol itu cukup siginifikan.

Jika Real Madrid mampu mengumpulkan pendapatan 748,04 juta euro atau Rp 13,5 triliun, ternyata Barcelona hanya 686 juta euro atau Rp 11,8 triliun.

Pendapatan El Real melejit karena mampu menjadi juara Liga Champions. Pada saat kampiun di liga bergensi eropa itu, Real Madrid meraih 85,46 juta euro atau Rp 1,5 triliun.
Lantara juara Liga Champions, Real Madrid berhak ikut Piala Super Eropa melawan Atletico Madrid sebagai juara Liga Europa dan berhasil meraih 4 juta euro

Selain itu lantara juara Liga Champions, Madrid juga berhak ikut di Piala Dunia Klub dan berhasil meraih pendapatan 4 juta euro.

Selain itu Real Madrid juga meraih 18,54 juta euro dari tur musim panas di Amerika Serikat. Sedangkan pendapatan dari hak siar televisi mencapai 1784 juta euro.

Belum lagi dana dari sponsor-sponsor Madrid memberi kontribusi paling besar yaitu 297 juta euro (26 juta euro didapatkan dari Adidas).
Saat ini, Madrid juga diketahui sedang menegoisasi kontrak baru dengan Adidas. Jumlahnya diprediksi bakal sangat besar dan bahkan menjadi pendapatan paling besar yang pernah diraih sebuah klub.

Madrid saat ini juga butuh uang besar untuk renovasi stadion Santiago Bernabeu. Presiden Madrid, Florentino Perez dikabarkan sudah mengajukan pinjaman sebesar 550 juta euro.

Kabarnya, 400 juta euro dari dana itu datang dari IPIC. Diharapkan pinjaman itu bisa segera cair.
Pembangunan stadion diharapkan bisa terbantu oleh sponsor salah satunya, Emirates. Hingga kini, Madrid belum mencapai kata kesepakatan dengan sponsor utama mereka tersebut.

Prestasi juga memberi konsekuensi harus membagikan bonus untuk pemain. Empat gelar yang diraih musim lalu mengharuskan Madrid keluarkan sekitar 56 juta euro untuk pemain.

Tak lupa prestasi klub basket Madrid memenangkan ACB League dan Euroleague juga pantas diperhitungkan.

Madrid sendiri mengeluarkan pengeluaran untuk gaji dan pembelian pemain sebesar 534 juta euro atau 71 persen dari total pendapatan. Namun ini masih lebih kecil dari Barcelona yang mencapai 84 persen dari pendapatan.(b)