Wednesday, 14 November 2018

Sandiaga Tidak Setuju Debat Capres-Cawapres Gunakan Bahasa Inggris

Jumat, 14 September 2018 — 15:44 WIB
Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden RI. (yendhi)

Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden RI. (yendhi)

JAKARTA –¬† Bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno mengaku tidak sepakat terkait adanya usulan debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris. Pasalnya, Bahasa Indonesia dinilai lebih dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Saya rasa enggak perlu ya. Ini pendapat pribadi saya, bahwa bahasa kita adalah Bahasa Indonesia. Bahasa yang dimengerti 100 persen oleh orang Indonesia,” kata Sandiaga di kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2018).

Menurut mantan wakil gubernur DKI Jakarta, Bahasa Inggris hanya dikuasai oleh sebagian masyarakat khususnya kalangan menengah keatas, sementara tujuan debat juga menyampaikan visi misi pasangan capres-cawapres. Dikhawatirkan pesan tidak akan menjangkau seluruh  masyarakat jika menggunakan Bahasa Inggris.

“Bahasa Inggris ya ada yang mengerti, tapi kita kan ingin menjangkau seluruh rakyat Indonesia,” ujar dia.

Sandi, panggilan Sandiaga, tidak keberatan jika durasi debat diperpanjang. Pasalnya, dia sudah terbiasa dengan debat yang cukup panjang salah satunya ketika mencalonkan sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

“Durasi saya pernah ikut pilkada, saya pernah ikut debat, karena menurut saya yang dikhawatirkan debat itu jadi tempat saling serang menyerang,” kata Sandi.

Pengusaha muda itu juga keberatan jika disebut sebagai debat, lebih tepat adalah sumbang saran atau bertukar pikiran, ide dan gagasan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

“Kalau kita saling debat malah memperlebar kesenjangan dan jarak antara satu kubu dengan kubu lain. Menurut saya mungkin sarasehan atau urun rembug. Judulnya mungkin debat tapi disebelah sana ada presiden yang kita hormati banget. Ada Pak Kiai, guru saya, mana bisa kita ngedebat. Kita kan harusnya sumbang saran. Karena rakyat yang akan menyaksikan,” tandas Sandiaga. (yendhi/tri)