Monday, 19 November 2018

Atasi Banjir di Jalan Kahfi II, SDA Jaksel Bangun Crossing

Sabtu, 15 September 2018 — 8:35 WIB
Petugas sedang mengerjakan pembuatan crossing.(wandi)

Petugas sedang mengerjakan pembuatan crossing.(wandi)

JAKARTA –  Untuk mengurangi dampal banjir di sepanjang Jalan Kahfi II,  Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan, Suku Dinas Sumber Daya Air, melakukan pembangunan crossing.

Pembuatan  ini dilakukan tujuannya untuk menyambungkan aliran saluran dari sisi seberang menuju Kali Cabang Tengah yang belum terkoneksi, karena sering menimbulkan genangan dan banjir kata  Kasie Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Firmansyah .

“Pembangunan crossing ini dilakukan tujuannya agar terkoneksikan ke Kali Cabang Tengah depan pintu Si Pitung Setu Babakan sepanjang 10 meter dengan lebar satu meter. Kami berharap dengan cara ini kedepan tidak terjadi genangan dan banjir lagi, “kata Firmansyah, Jumat (14/9/2018).

Pekerjaan pembuatan crossing sudah dilakukan sejak Rabu (12/9) malam hingga paling lambat Sabtu (15/9). Guna mempercepat pembangunan pihaknya mendatangkan satu alat berat Excavator standar PC.75 dan empat unit dump truk dan mengerahkan sebanyak 15 petugas.

“Sistem crossing dilakukan dengan cara menggali dan membelah jalan Kahfi II, lalu dipasang Box culvert ukuran 100×100 sentimeter. Total panjangnya 10 meter jadi memerlukan Box culvert sekitar 10 unit,” ungkapnya.

Sedangkan matrial tanah hasil galian jalan langsung diangkut menggunakan dump truk untuk dibuang ke Dumping Site Sudin SDA Jakarta Selatan di Rawa Minyak, Pasar Minggu. Jalan Kahfi II ditutup sementara.

“Untuk mengatasi kemacetan selama pembangunan berlangsung kami juga sudah koordinasi dengan lurah dan camat serta instansi terkait untuk pengalihan arus,”terangnya. (wandi/tri)