Tuesday, 16 October 2018

Kapal Terbakar, 10 Penumpang Tewas Termasuk Dua Balita

Sabtu, 15 September 2018 — 20:45 WIB
Penumpang kapal yang selamat (ist)

Penumpang kapal yang selamat (ist)

JAKARTA – Kapal Kesatuan dan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) UPP Kelas III Banggai bersama dengan tim SAR lainnya terus melakukan proses evakuasi terhadap kapal KM Fungka Permata V yang terbakar di perairan Pulau Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulteng.

Kapal yang terbakar akhirnya tenggelam pada posisi 2° 0’41.67″ S – 123° 22″37.66″ E dan dikabarkan menewaskan 10 penumpangnya (8 dewasa 2 balita) dan 126 lainnya berhasil dievakuasi.

Kepala Kantor UPP kelas III Banggai, Hopreit Balirangen mengatakan kapal itu dinakhodai Andi Sulistiono dengan rute pelayaran Bau Bau-Raha-Banggai -Taliabu-Sanana.

Sedangkan lokasi kecelakaan dari pelabuhan memerlukan waktu 4 jam dari Banggai. Kondisi ombak dilaporkan cukup besar dan memerlukan waktu untuk mencapai lokasi kecelakaan tersebut.

“Kami mengerahkan 1 unit kapal KPLP untuk ikut mengevakuasi penumpang kapal Fungka Permata V yang terbakar tersebut,” ujar Hopreit.

Sebagian besar korban selamat ditemukan telah menggunakan life jacket. “Korban telah dievakuasi ke Pulau Togong Sagu. Petugas masih terus melakukan pencarian serta penyisiran di lokasi jika masih ada korban yang belum terevakuasi. (dwi/b)
Teks foto