Monday, 22 October 2018

Opie Kumis dkk Ramaikan Lenong Betawi “Juara Jangan Jumawa”

Minggu, 16 September 2018 — 10:50 WIB
Opie Kumis dkk ikut memeriahkan Lenong Betawi. (ifand)

Opie Kumis dkk ikut memeriahkan Lenong Betawi. (ifand)

JAKARTA – Menjaga eksistensi kebudayaan Betawi, anjungan DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengelar lenong Betawi, Sabtu (15/9/2018) malam. Dengan tema ‘Juara Jangan Jumawa’ pesan itu disampaikan untuk para altet yang baru saja bertanding dalam Asian Games kemarin.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Asiantoro mengatakan, melalui drama kolosal ini pihaknya ingin menyampaikan pesan kepada para atlet yang telah juara di ajang Asian Games agar tidak sombong, dan terus menjadi yang terbaik atas nama bangsa. “Apalagi beberapa atlet yang membawa harum nama Indonesia juga berasal dari DKI,” katanya, Sabtu (15/9/2018) malam.

(BacaSeniman Lenong Carikan Job Buat Teman)

Selain menyampaikan pesan, kata Asiantoro, kegiatan yang dilakukan sebagai salah satu bentuk pelestarian kita terhadap budaya Betawi. Apalagi rating DKI ini tengah naik setelah Asian Games kemarin, sehingga pihaknya terus menjaga agar tetap hangat. “Di semua wilayah DKI juga menggelar kegiatan ini agar warga tetap ingat dengan kegiatan yang membawa Indonesia di peringkat ke empat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Anjungan dan Graha Wisata TMII, Fadlan Zuhran mengatakan, pagelaran seni budaya dan kuliner khas Betawi ini merupakan paket khusus. Banyak seni budaya Betawi ditampilkan dengan menghadirkan seniman legendaris asal Betawi. “Ada Opie Kumis, Kubil, bang Madit dan sebagainya,” ujarnya.

Berbagai kegiatan, kata Fadlan, juga ditampilkan seperti gambang kromong, drama kolosal, tari topeng Betawi, dan ondel-ondel. Sedangkan kuliner yang disajikan adalah nasi uduk, soto Betawi, bir petok, kue rangi, selendang mayang, kue pancong, kerak telor. “Harapannya agar warga semakin peduli dan mencintai budayanya sendiri dibanding bangsa asing,” pungkasnya. (ifand/ys)