Sunday, 16 December 2018

Enam Tim Putra dan Enam Tim Putri Ikuti Proliga 2019

Selasa, 18 September 2018 — 20:08 WIB
Para atlet bola voli putri dalam ajang Proliga sebelumnya.

Para atlet bola voli putri dalam ajang Proliga sebelumnya.

JAKARTA – Enam tim putra dan enam putri akan meramaikan kompetisi bola voli kasta tertinggi, Proliga 2019 yang igelar di delapan kota di Indonesia pada 7 Desember 2018 hingga 24 Februari 2019 . Jumlah tersebut sama dengan jumlah peserta pada Proliga tahun lalu.

Keenam tim putra terdiri dari Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Sidoarjo Aneka Gas Industri, dan Jakarta Garuda.
Sedangkan di bagian putri kompetisi yang telah memasuki tahun ke-18 itu antara lain diikuti Jakarta Pertamina Energi, Bandung Bank BJB Pakuan, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Popsivo Polwan, Gresik Petrokimia, dan Jakarta BNI 46.

“Pada Proliga 2019 nanti jumlah pesertanya 12, cuma enam putra dan enam putri,” kata Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty dalam keterangannya, Selasa (18/9).

Pada pelaksanaan Proliga 2019 terdapat dua kota baru yakni Pekanbaru, Riau dan Kediri, Jawa Timur. Kalau Pekanbaru sebenarnya bukan kota yang baru menggelar Proliga. “Dulu pernah Pekanbaru jadi tuan rumah Popsivo. Yang sekarang ini tuan rumah Samator yang akan jadi tuan rumah di Pekanbaru,” tambah Hanny.

Sedangkan Kediri dipastikan menjadi tempat pelaksanaan final four pertama. Final four keduanya di Malang. Babak final akan dilaksanakan di Yogyakarta. Proliga mendatang pelaksanaannya dilangsungkan dua hari yakni Sabtu (23/2) dan Minggu (24/2). Pada hari Sabtu final putri dan keesokannya Minggu putra. “Pengalaman yang lalu penonton membeludak sehingga tidak tertampung di GOR. Makanya, kita bikin dua hari,” tuturnya.

Pada pelaksanaan final, selain untuk memperebutkan juara Proliga juga akan dilaksanakan perebutan juara ketiga dan keempat. “Tapi untuk pemain-pemain terbaik sudah ditentukan di final four kedua di Malang. Di final hanya ditentukan pemain terbaik (MVP) dan pelatih terbaik,” tukas Hanny.

Kota-kota lainnya yang akan menjadi tuan rumah adalah Yogyakarta (pembukaan), Gresik, Bandung, Palembang, dan Solo. Ajang Proliga tahun ini juga bisa dijadikan ajang persiapan para atlet yang akan berlaga di SEA Games 2019 di Filipina. (junius/b)