Monday, 26 August 2019

Mensos Pastikan Fasilitas Asian Para Games 2018 Ramah Disabilitas

Rabu, 19 September 2018 — 17:30 WIB
Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita memotong pita meresmikan mobil aksesibilitas penyandang disabilitas sebagai pendukung perhelatan Asian Para Games di Jakarta. (rihadin)

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita memotong pita meresmikan mobil aksesibilitas penyandang disabilitas sebagai pendukung perhelatan Asian Para Games di Jakarta. (rihadin)

JAKARTA – Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri acara Sosialisasi Asian Para Games (APG) 2018 di kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Mensos pun memastikan, semua fasilitas pendukung ajang yang akan berlangsung 6-13 Oktober 2018 di Jakarta ini ramah bagi penyandang disabilitas.

“Tugas yang diberikan panitia kepada Kementerian Sosial (Kemsos) terkait kesiapan fasilitas. Kami harus memastikan fasilitas baik itu asrama dan lain sudah siap dan ramah penyandang disabilitas,” kata Mensos Agus, di Graha Aneka Bhakti, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

(BacaOpening Ceremony Asian Para Games 2018 Janjikan Kejutan Istimewa)

mensos agus cek fasilitas apg 2018-rihadin

Sosialisasi ini sendiri diadakan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang APG 2018 dan mendorong seluruh Kementerian/Lembaga serta elemen masyarakat untuk memberikan dukungan selama ajang multievent olahraga bagi atlet penyandang disabilitas itu berlangsung.

“Tentu juga yang tidak kalah penting target kita setelah APG Indonesia bisa dikenang oleh dunia sebagai sebuah negara yang sudah memiliki kesiapan yang ramah terhadap difabel, itu tanggung jawab kita,” imbuhnya.

(BacaKemenpora Janjikan Bonus Atlet Asian Para Games Setara Asian Games)

mekeng tos-rihadin

Sebelumnya, Kemsos pun melakukan training of trainers (ToT) kepada para relawan APG. Training ini dilakukan karena APG kegiatan yang perlu pendampingan khusus. Di samping itu, APG juga bisa meriah dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

APG merupakan ajang olahraga empat tahunan tingkat Asia yang biasanya dilaksanakan setelah Asian Games. Terdapat 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di APG nanti. Antara lain panahan, atletik, boccia, bola gawang, bola voli duduk, bola basket kursi roda, catur, balap sepeda, bulu tangkis, renang, angkat berat, menembak, judo, tenis meja, ten pin bowling, anggar duduk, tenis, dan boling lapangan. Diperkirakan sekitar 2.800 atlet, 1.200 ofisial dan 500 awak media dari dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam ajang ini. (rihadin/ys)