Tuesday, 16 October 2018

Messi Cetak Tiga Gol, Barcelona Bantai PSV 4-0

Rabu, 19 September 2018 — 2:06 WIB
Lionel Messi jadi pahlawan Barcelona bantai PSV 4-0 (reuters)

Lionel Messi jadi pahlawan Barcelona bantai PSV 4-0 (reuters)

SPANYOL- Lionel Messi mencetak tiga gol dan Barcelona menang mutlak 4-0 atas PSV Eindhoven
pada laga perdana babak penyisihan Grup B Liga Champions di Camp Nou, Spanyol Rabu (19/9/2018) dinihari WIB.

Ketiga gol Messi dicetak masing-masing menit ke-31, menit ke- 77 dan menit ke-87. Satu lagi gol Barcelona dicetak oleh Dembele melengkapi kemenangan mutlak tuan rumah pada menit ke-74.

Meski demikian kemenangan Blaugrana ini dinodai dengan kartu merah yang diterima Samuel Umtiti pada menit ke-80.

Sebetulnya tidak mudah bagi Barca mengatasi PSV yang bermain bertahan. Wakil Liga Belanda itu hanya mengandalkan serangan balik dan memang beberapa kali berhasil mengancam kiper Teer Stegen.

Namun Barca yang unggul segalanya akhirnya mampu mencetak gol pembuka pada menit ke-31 lewat tendangan bebas Messi yang mampu menempatkan bola ke pojok atas gawang PSV dan tidak bisa dijangkau oleh kiper tim tamu.

Tendangan bebas itu diberikan wasit kepada Barcelona karena Dembele dijatuhkan oleh Viergever ketika striker Prancis itu membawa bola di depan kotak penalti PSV. Dan Messi mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Hanya saja setelah gol itu Barca kesulitan menembus pertahanan PSV. Suarez, Coutinho maupun Dembele beberapa kali gagal menyelesaikan umpan yang mereka peroleh. Sedangkan Messi benar-benar dimatikan oleh pemain belakang PSV. Kadang tiga pemain PSV harus menjaga mega bintang asal Argentina itu. Babak pertama berakhir 1-0.

Memasuki babak kedua, Barca terus mengurung PSV. Hanya saja karena mereka benar-benar bertahan sulit bagi Tim Catalan itu menembus kotak penalti PSV.

Berutung pada menit ke-74 Dembele mampu memecah kebuntuan pada babak kedua. Menerima umpan dari Countinho lalu Dembele melewati beberapa pemain PSV dan dari luar kotak penalti pemain Prancis itu mampu menjebol gawang lawan.

Tidak lama kemudian Messi mencetak gol keduanya. Gol berawal ketika Roberto mengirim umpan kepada Rakitic di depan kotak penalti. Pemain Kroasia itu lalu melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti PSV dan Messi melalui tembakan first time mampu menyepak bola meluncur ke pojok kiri gawang tanpa bisa dijangkau oleh Zoet.

Namun menit ke-80, Barcelona harus bermain 10 orang karena Umtiti diusir keluar. Bek asal Prancis itu berusaha menahan laju pergerakan Lozano sehingga membuat winger PSV itu terpental. Pelanggaran itu membuat wasit menghadiahkan kartu kuning kedua untuk bek Barcelona tersebut dan Umtiti pun keluar lapangan.

Rupanya meski bermain 10 orang tetap saja Barca perkasa untuk PSV. Buktinya Messi mampu melakukan hat-trick setelah  memanfaatkan umpan terobosan dari Suarez. La Pulga melepaskan tembakan dari sisi kanan area penalti. Bola meluncur deras ke sisi kiri gawang tanpa bisa dihalau oleh Zoet.

Menang 4-0 membuat Barca mengurangi tekanan. Di sisa waktu yang ada PSV berusaha mencuri gol namun tidak berhasik dan mereka harus pulang dengan kalah telak. (b)