Monday, 26 August 2019

Perbaiki Tempat Pembuangan Sampah, Jaktim Anggarkan Rp9 Miliar

Kamis, 20 September 2018 — 20:24 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur berencana memperbaiki 16 tempat pembuangan sampah (TPS) yang rusak di beberapa wilayah. Anggaran sebesar Rp9 miliar pun, disiapkan untuk pembenahan tempat-tempat tersebut.

Kepala Seksi Kebersihan dan Pengolahan Limbah B3 Sudin Lingkungam Hidup Jakarta Timur, Wahyudi Rudianto mengatakan, perbaikan TPS itu karena kondisinya yang memprihatinkan. “Rata-rata tingkat kerusakan TPS itu mencapai 70-80 persen, makanya perlu mendapat perbaikan,” katanya, Kamis (20/9).

Kerusakan TPS itu sendiri, kata Wahyudi diantaranya adalah rata-rata TPS bagian lantainya rusak parah. Selain itu, dinding pengamannya juga ambruk, sehingga saat ini terpaksa kita tutupi pagar seng. “Makanya perlu segera mendapat  perbaikan agar sampah tidak tercecer dan menimbulkan masalah baru,” ungkapnya.

Dikatakan Wahyudi, perbaikan ke-16 TPS itu akan dilakukan pada tahun 2018 ini. Menurutnya, proses lelang untuk perbaikan juga baru selesai dan sudah mendapatkan pemenangnya. “Perbaikan akan dimulai pekan depan dan diharapkan sesuai jadwal,” ujarnya.

Wahyudi menjelaskan, TPS yang akan diperbaiki diantaranya adalah, TPS Kampung Melayu yang berada di bawah Flyover Kampung Melayu. Kemudian TPS RW 04 Rawabunga yang berlokasi di seberang Taman Viaduct Jatinegara dan TPS Kampung Tengah di Jalan Raya Tengah, Kramatjati. (Ifand/win)