Monday, 26 August 2019

Tanpa Ronaldo-pun, Real Madrid Mampu Menggilas Roma 3-0

Kamis, 20 September 2018 — 5:10 WIB
Isco  sering jadi pemain cadangan (reuters)

Isco sering jadi pemain cadangan (reuters)

SPANYOL – Meski sudah tidak diperkuat bintang asal Portugal Cristiano Ronaldo, Real Madrid tetap mampu menunjukkan kelas mereka di Liga Champions musim ini.

Hal itu ditunjukkan tim berjuluk El Real tersebut usai menggilas AS Roma 3-0 pada laga perdana babak penyisihan Grup G di Santiago Bernabeu, Spanyol, Kamis (20/9/2018) dinihari WIB.

Kemenangan itu tentu menjadi awal yang positif bagi El Real dalam membuktikan reputasi mereka, tanpa sang bintang asal Portugal, Ronaldo.

Seperti diketahui, bersama Ronaldo, El Real mampu meraih empat gelar Liga Champions dalam lima musim terakhir. Trofi ‘Si Kuping Besar’ bahkan diraih Madrid secara beruntun dalam tiga musim terakhir.

Musim ini, El Real diragukan bisa mempertahankan reputasi mereka di kasta tertinggi kompetisi antarklub se-Eropa tersebut. Keraguan itu muncul akibat kepergian Zinedine Zidane dari bangku kepelatihan, disusul Ronaldo yang hijrah ke Juventus.

Namun keraguan itu sepertinya bisa diredam El Real di bawah asuhan Julen Lopetegui awal musim ini berkat kemenangan tiga gol tanpa balas atas Roma di Bernabeu.

Meski sempat dilanda ‘gagap’ penampilan di awal-awal laga, skuad Lopetegui akhirnya bisa menjebol gawang Roma di penghujung babak pertama.

Adalah Isco yang sukses melepaskan tembakan dari skema tendangan bebas yang melahirkan gol pembuka tuan rumah. Gol itu pun sekaligus menutup 45 menit pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Di babak kedua, giliran Gareth Bale yang mampu menjebol gawang semifinalis Liga Champions musim lalu itu pada menit ke-58. Memaksimalkan umpan Luka Modric, bomber asal Wales tersebut tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Unggul dua gol, membuat Madrid mulai mengendorkan serangan. Alih-alih menjaga kebugaran pemain jelang menjamu Espanyol di La Liga akhir pekan ini, Lopetegui lantas menarik keluar Karim Benzema pada menit ke-62.

Penyerang berpaspor Prancis itu digantikan oleh Marco Asensio. Tidak hanya Benzema, Valverde juga menarik keluar Bale untuk memasukkan Mariano Diaz pada menit ke-73. Walhasil, Madrid lebih banyak menunggu seraya menjaga keunggulan mereka. Namun Diaz mampu membayar kepercayaan pelatih Madrid itu dengan mencetak gol kemenangan El Real di penghujung laga.

Sayang, usaha Roma untuk mengejar ketinggalan hanya sekadar berujung peluang. Tim berjuluk Serigala Ibu Kota itu pun harus pulang tanpa membawa satu pun angka sekaligus menjadi juru kunci Grup G di laga perdana.

Sebaliknya, Madrid sukses memimpin Grup G dengan tiga angka. El Real unggul dua angka dari wakil Republik Ceko, Viktoria Plzen dan CSKA Moskow di urutan kedua dan ketiga usai bermain 2-2 pada laga lainnya di saat yang bersamaan. (junius/b)