Saturday, 15 December 2018

Bermain 10 Orang Barcelona Ditahan Imbang Girona 2-2

Senin, 24 September 2018 — 4:43 WIB
Gaya Gerar Pique usai mencetak gol penyeimbang (reuters)

Gaya Gerar Pique usai mencetak gol penyeimbang (reuters)

SPANYOL– Barcelona hanya mampu bermain imbang 2-2 saat menjamu Girona dalam lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Senin (24/9/2018) dinihari WIB.
Hasil ini tidak lepas dari akibat ulah pemain baru Barcelona Lenglet yang diusir wasit pada menit ke-35 . Pemain asal Prancis itu diganjar kartu merah karena dianggap melayangkan sikunya kepada Pons saat coba menghadang pergerakannya.

Tentu bermain 10 orang meski hanya melawan Girona yang baru tampil di La Liga sejak musim lalu akan menyulitkan Blaugrana.

Bahkan Girona memanfaatkan unggul jumlah pemain sehinga mereka sempat unggul atas Barcelona hingga menit ke-51. Beruntung Gerard Pique mampu mencetak gol lewat sundulannya menit ke-63 sehingga tuan rumah terhindar dari kekalahan.

Dengan hasil ini meski masih tetap berada di puncak klasemen sementara namun Barca gagal menjaga jarak dengan Real Madrid. Kini keduanya dari lima kali laga sama-sama memiliki nilai 13 hanya saja Barca unggul selisih gol.

Sedangkan Girona naik ke posisi keenam dengan nilai delapan. Bahkan Girona kini memiliki nilai sama dengan Atletico Madrid dan Celta Vigo. Mereka hanya kalah selisih gol.

Menghadapi Girona yang sesama derby Cataluna, Valeverde sempat mengistirahatkan beberapa pemain intinya seperti Sergi Roberto, Umtiti, Rakitic, Coutinho. Lenglet pemin asal Prancis diturunkan sejak menit awal.

Barca seperti biasa langsung memberikan ancaman lewat Lionel Messi. Seperti pada menit ke-12, Messi seorang diri mengecoh tiga pemain belakang Girona sekaligus, dan mengincar tiang jauh. Tetapi Bono melakukan penyelamatan berkelas. Dan hanya memberikan sepak pojok bagi Barcelona.

Namun akhirnya Messi benar-benar menjebol gawang Girona menit ke-19.Awalnya Vidal yang berhasil melewati dua pemain Girona lalu melepas umpan kepada Messi yang berdiri bebas di kotak penalti.

Dan mega binta asal Argentina itu mengarahkan bola ke tiang jauh dengan sempurna tanpa mampu dijangkau Bono.

Gol itu membuat semangat pemain-pemain Barca bertambah sehingga terus menekan gawang tetanaganya itu. Namun justru petaka menimpa tuan rumah. Menit ke-35 mereka harus bermain 10 orang karena Lenglet diusir wasit.

Rupanya hal ini digunakan oleh Girona dan menit ke-45 mampu menyamakan kedudukan. Gol cantik Stuani tercipta ketika dia menerima umpan dari Benitez kemudian mampu melewati
Pique dan Busquets setelah itu dengan cerdik menyepak bola melalui kedua celah kaki Ter Stegen. Kedudukan 1-1 hingga wasit meniup pluit babak pertama berakhir.
Memasuki babak kedua, Barca berusaha mencari gol, namun justru mereka kembali bobol ketika laga baru berlangsung enam menit tepatnya menit ke-51 dan lagi-lagi Stuani yang jadi momok. Brace dari Stuani memanfaatkan bola liar sepakan Portu.

Tentu saja tertinggal dari Girona berita buruk bagi Barca. Mereka lalu menekan pertahanan tim tamu dari berbagai sudut.

Bahkan untuk meningkatkan serangan, Valverde lalu mengganti beberapa pemainnya, seperti Vidal ditarik keluar digantikan Ivan Rakitić sedangkan Coutinho masuk menggantikan Artur.

Tentu saja masuknya dua gelandang serang ini membuat tekanan Barca kian kencang. Harusnya menit ke-59 Barca sudah mampu mencetak gol penyeimbang sayang tendangan bebas Messi hanya membentur gawang Girona.

Dan akhirnya Blaugrana mampu menyamakan kedudukan menit ke-63. Gol ini tercipta ketika Pique berhasil menuntaskan kemelut di muka gawang Girona. Bola muntah mampu disundul oleh Barcelona tersebut yang tidak mampu dijangkau Bono.

Barca terus mencari gol kemenangan segala usaha mereka lakukan. Beberapa kali Countiho mencoba dari jarak jauh namun tangguhnya Bono di bawah mistar gawang membuat usaha pemain berdarah Brasil itu selalu gagal.

Menit ke-77 Busquets terjatuh di kotak penalti, tetapi wasit tidak melihat hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran. Meski banyak peluang namun Barca harus puas dengan kedudukan akhir 2-2. (b)