Monday, 15 October 2018

Apakah Muhammad Merupakan Nama Paling Populer di Inggris?

Kamis, 27 September 2018 — 2:19 WIB
Petinju Cassius Clay Jr mengubah namanya menjadi Muhammad Ali ketika dia menjadi mualaf.

Petinju Cassius Clay Jr mengubah namanya menjadi Muhammad Ali ketika dia menjadi mualaf.

INGGRIS– Oliver merupakan nama bayi paling populer di Inggris selama empat tahun terakhir. Tapi, bagaimana dengan nama Muhammad?

Berdasarkan data Badan Statistik Nasional Inggris (ONS), Oliver paling banyak digunakan untuk menamai bayi laki-laki sejak 2013. Pada 2017, nama Oliver disematkan pada 6.259 bayi.

Adapun nama Muhammad menempati peringkat 10 untuk bayi laki-laki sepanjang 2017. Data ONS menyebutkan ada sebanyak 3.691 bayi yang dinamai Muhammad di Inggris dan Wales tahun lalu.

Jika kita mengombinasikan 14 ejaan yang berbeda: Muhammad, Mohammed, Mohammad, Muhammed, Mohamed, Mohamad, Muhamad, Muhamed, Mohamud, Mohummad, Mohummed, Mouhamed, Mohammod, Mouhamad—terdapat 7.307 bayi laki-laki yang dinamai demikian pada 2017.

Hal ini menjadikan Muhammad dan 14 ejaan yang berbeda, sebagai nama terpopuler di Inggris.

Akan tetapi, daftar yang dibuat ONS tidak menggabungkan jumlah nama-nama yang mirip.

“Menggabungkan ejaan yang berbeda dari setiap nama akan mengacaukan daftar. Sebagai contoh, menggabungkan Sophie, Sophia, dan Sofia akan membuat nama Amelia tersingkir dari posisi nomor satu dalam daftar nama bayi perempuan terpopuler pada 2015,” sebut ONS.

Para ahli statistik mengatakan penjumlahan gabungan nama-nama mirip dalam daftar nama bayi akan membuat “keputusannya subyektif”.

Ambil contoh, para ahli statistik harus menentukan apakah penggunaan nama Sara dan Sarah dapat dikelompokkan ke dalam nama yang sama, meskipun banyak orang melafalkannya berbeda.(BBC)