Monday, 15 July 2019

Pemprov DKI dan Kemenpupera Kerja Sama Kembangkan Pariwisata Pulau Seribu

Jumat, 28 September 2018 — 15:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta-Anies Rasyid Baswedan dan Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR (yendhi)i

Gubernur DKI Jakarta-Anies Rasyid Baswedan dan Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR (yendhi)i

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) RI menandatangani kerjasama untuk mengembangkan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kepulauan Seribu dan Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Provinsi DKI Jakarta.

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta-Anies Rasyid Baswedan dan Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Rina Agustin Indriani yang dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Anies mengatakan penandatanganan kerjasama kali ini sebagai bukti kepedulian Pemprov DKI terhadap seluruh wilayah termasuk Kepulauan Seribu. “Jakarta bukan hanya terdiri dari daratan tetapi juga ada kepulauan, sehingga perlu kesadaraan bahwa kita serius membangun dan mengembangkan wilayah kepulauan ini,” ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menjelaskan pembangunan infrastruktur akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Kepulauan Seribu dan diharapkan bisa mendukung semua kegiatan warga.

“Saya apresiasi sekali pembangunan disesuaikan dengan potensi yang ada sekarang dan masa depan, kita perlu dorong infrastruktur dan saya garis bawahi infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat yang menopong kegiatan di dalam dan luar rumahtangga warga,” ungkap dia.

Anies berharap usai penandatanganan kesepakatan ini bisa langsung dilaksanakan sesuai rencana agar segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kepuluan Seribu diharapkan menjadi contoh bagi kepulauan yang lain di Indonesia.

“Kita ingin rencana ini segera dieksekusi dengan tuntas dan cepat, dan saya ingin segera diumumkan ke masyarakat sehingga mereka memiliki harapan dan optimisme bahwa wilayahnya akan tumbuh berkembang, saya juga berharap Kepulauan Seribu jadi pilot project untuk pembanguan wilayah kepulauan di nusantara,” tandas Anies.

Proyek pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kepulauan Seribu akan dilakukan di Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

Sementara proyek infrastruktur Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) akan dilakukan di Waduk Cimanggis dengan luas lahan 950 m2 dan asrama Dinas Lingkungan Hidup yang terletak di Kelurahan Semper Barat dengan luas 800 m2. (yendhi/yp)