Monday, 22 October 2018

Bantuan Asing untuk Gempa Sulteng Dibuka, Menko Wiranto yang Koordinir

Senin, 1 Oktober 2018 — 19:59 WIB
Menkopolkam Wiranto.(dok)

Menkopolkam Wiranto.(dok)

JAKARTA – Menko Polhukam Wiranto menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka untuk masuknya bantuan internasional guna ikut menanggulangi  akibat bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan daerah lain di Sulawesi Tengah.

“Bapak Presiden telah membuka ruang bantuan dari luar negeri untuk penanganan gempa Palu dan Donggala,” kata Menko Wiranto, di Istana Presiden, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Soal hal tersebut, menurutnya, pihak Menko Polhukam yang akan mengkoordinir bantuan-bantuan internasional untuk gempa Sulawesi Tengah. Sejauh ini, lanjutnya, tawaran bantuan sudah muncul dari negara-negara benua Amerika hingga Asia Tenggara (ASEAN).

“Negara yang menawarkan sudah banyak, banyak sekali. Mulai dari ASEAN maupun dari negara di kawasan Eropa dan Amerika,” kata Wiranto.

Untuk  mengkoordinir bantuan-bantuan asing tersebut, Wairanto menyebutkan, digelar rapat dengan para duta besar negara pemberi bantuan,  untuk membahas bantuan-bantuan ini.

“Hari ini kita memanggil para duta besar untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan, dan kita juga sudah punya target-target hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu,” ungkap Wiranto.

Terkait dibukanya bantuan, menurut Wiranto, hal bukan masalah status bencana di Sulawesi Tengah itu, namun, ini sangat berhubungan dengan kebutuhan, “Ini tidak bicara status. Ini bicara soal kebutuhan,” tandas politisi Partai Hanura itu. (win)