Monday, 22 October 2018

Wuih, Orang Hongkong Ini Bantu Korban Bencana Sulteng Rp 75 Miliar

Jumat, 5 Oktober 2018 — 18:01 WIB
Orang kaya dari Hongkong, Li Ka Shing , sumbang bencana Sulteng Rp 75 miliar. (reuters)

Orang kaya dari Hongkong, Li Ka Shing , sumbang bencana Sulteng Rp 75 miliar. (reuters)

JAKARTA – Dahsyatnya bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), yang nmembawa begitu banyak korban dan kerusakan, membuat berbagai negara tergerak memberi bantuan. Bahkan banyak perusahaan dan orang kaya di berbagai negara juga tak ketinggalan.

Bantuan dari pihak swasta luar negeri misalnya datang dari pendiri CK Hutchison Holdings dan Li Ka-Shing Foundation, Li Ka Shing sebesar US$ 5 juta atau setara Rp 75 miliar. Sumbangan besar ini datang menyusul sebelumnya raksasa teknologi Apple memberikan dana bantuan senilai US$ 1 juta.

Rincian bantuan tersebut adalah  US$ 2 juta dari CK Hurchison Holdings dan US$ 3 juta dari Li Ka Shing Foundation. Itu diberikan melalui Sustainable Development Goals (SDG) Indonesia One.

“Dana ini dimasukan dalam SDG Indonesia One,” kata  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kementerian Keuangan, Jumat (5/10/2018).

Menurut dia, SDG Indonesia One diluncurkan dalam sebuah platform kerja sama pendanaan yang terintegrasi untuk pembangunan infrastruktur yang berorientasi terhadap pencapaian SDGs di Indonesia

Menkeu mengungkapkan, donasi ini akan dimanfaatkan untuk membantu ribuan masyarakat yang terdampak akibat gempa dan tsunami di wilayah Palu dan sekitarnya.

“Tidak hanya itu, donasi akan dimanfaatkan untuk membangun kembali Iinfrastruktur agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala,” kata Sri Mulyani.

Pada acara ini juga, dilakukan  penandatanganan nota kesepahaman dan Letter of Intent, termasuk di dalamnya filantropis, lembaga donor, lembaga keuangan multilateral dan bilateral, perbankan, asuransi, dan investor

Hingga saat ini, tercatat besaran dukungan telah mencapai Iebih dari US$ 2,3 miliar atau sekitar Rp 34,5 triliun yang diharapkan akan terus bertambah. (*/win)