Thursday, 18 October 2018

Penuhi Panggilan Polisi, Amien Rais Justru Minta Jokowi Copot Kapolri

Rabu, 10 Oktober 2018 — 13:59 WIB
Amien Rais. (yendhi)

Amien Rais. (yendhi)

JAKARTA – Menjelang proses pemeriksaan sebagai saksi kasus Ratna Sarumpaet, Amien Rais justru meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Amien tidak menjelaskan pasti apa alasan dirinya berharapa ada pencopotan Kapolri. Namun, Amien sempat memperlihatkan sebuah lembaran berita koran nasional yang membahas soal kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan pemberitaan tersebut, Amien sontak menyebut nama petinggi Polri dan meminta Jokowi menggantinya.

“Saya tahu soal KPK dan lain-lain. Saya gak akan berpanjang-panjang. Saya minta kepada pak Jokowi, Kapolri pak Tito Karnavian agar segera dicopot alasannya ini pelajari sendiri,” kata Amien tanpa membeberkan alasan pasti di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018).

Bahkan, politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) itu sebut masih banyak yang mampu menggantikan Tito sebagai Kapolri.

“Saya yakin stock pimpinan Polri yang jujur dan mengabdi bagi bangsa negara masih banyak untuk mengganti pak Tito Karnavian, saya cinta polisi, polisi itu keamanan nasional tapi kalau ada oknum tidak bener tentu harus diganti,” ujar Amien.

Kedatangan Amien kali ini adalah pangilan kedua setelah sempat mangkir pada jadwal pemeriksaan, Jumat (5/10/2018). Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks tersangka Ratna Sarumpaet.

Dalam kasus ini, polisi meminta keterangan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal dan dokter Rumah Sakit Bina Estetika. (yendhi/yp)