Monday, 22 July 2019

Polda Beberkan Alasan Pemeriksaan Amien Rais Digelar di Ruang Mantan Kapolda

Rabu, 10 Oktober 2018 — 19:11 WIB
Kombes Argo Yuwono (yendhi)

Kombes Argo Yuwono (yendhi)

JAKARTA –  Amien Rais mendapat perlakuan istimewa saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks tersangka Ratna Sarumpaet.

Selain dijamu dengan berbagai kuliner seperti gudeg, ayam goreng dan nasi timbel, Amien juga mendapat tempat istimewa yakni dibekas ruangan Kapolda.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan, perlakukan berbeda terhadap Amien adalah hal wajar karena bekas pejabat negara yakni mantan Ketua MPR-RI.

“Pak Amien itu seorang negarawan, mantan pejabat negara dan sebagai saksi, gak masalah dilakukan pemeriksaan di ruang yang nyaman,” kata Argo dikonfirmasi wartawan, Rabu (10/10/2018).

Sebelumnya, Kuasa Hukum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Eggi Sudjana menyatakan bahwa pihak kepolisian sangat menghormati Amien Rais. Bahkan, Amien diperiksa bukan di ruangan penyidik melainkan bekas ruangan kapolda.

“Amien Rais, tidak diperiksa di ruangan yang biasa memeriksa orang lain, tapi di ruangan bekas Kapolda jadi nyaman baik dan sebagainya. Jadi ini bukti penghormatan kepada Amien Rais karena diberi pengantar bapak adalah bapak bangsa,” ucapnya di atas mobil komando massa PA 212 yang mengawal pemeriksaan Amien di depan Polda Metro Jaya.

Amien sendiri mengapresiasi perlakukan polisi kepada dirinya saat menjalani pemeriksaan. Dia dicecar 30 pertanyaan. Meski berada di ruangan pemeriksaan selama 6 jam namun hanya tiga jam yang digunakan untuk tanya jawab sedangkan sisanya ngobrol ringan, makan dan shalat. (Yendhi/win)