Monday, 15 October 2018

Polisi Bertugas di Bandara India Tidak Boleh Mengumbar Senyum

Rabu, 10 Oktober 2018 — 19:31 WIB
Pihak berwenang di India khawatir jika petugasnya terlalu banyak tersenyum akan menimbulkan kesan "keamanan yang kendur."

Pihak berwenang di India khawatir jika petugasnya terlalu banyak tersenyum akan menimbulkan kesan "keamanan yang kendur."

INDIA– Polisi yang bertugas di berbagai bandara di India diperintahkan untuk tidak terlalu banyak mengumbar senyum.

Pihak keamanan khawatir bila petugas terlalu ramah bisa menimbulkan kesan bahwa tingkat keamanan di bandara itu rendah dan rawan ancaman serangan teror.

Organisasi keamanan Central Industrial Security Force, yang bertanggung jawab atas keselamatan penerbangan di negara itu, ingin agar para petugas ‘lebih mementingkan kewaspadaan ketimbang keramahan’.

Mereka akan mengubah ‘sistem yang selama ini mengumbar senyum lebar’ menjadi ‘sistem dengan senyum seperlunya,’ tulis media Indian Express.

Dikatakan, pihak berwenang setempat yakin keramahan yang berlebihan membuat berbagai bandara rawan dengan risiko serangan teroris.

Pimpinan organisasi itu, Rajesh Ranjan bahkan mengatakan serangan 9/11 terjadi karena ‘terlalu percaya dengan penampilan ramah para penumpang pesawat’.

Ini bukan pertama kalinya para petugas kepolisian India diperintahkan untuk meningkatkan standar mereka atau mengubah perilaku mereka:

Pada bulan Juli, kepolisian negara bagian Karnataka memerintahkan para anggotanya untuk menurunkan berat badan, jika tidak mereka akan diskors.

Pada tahun 2004, polisi di negara bagian Madhya Pradesh dibiayai untuk menumbuhkan kumis, karena atasannya yakin mereka akan lebih dihormati jika tampil berkumis.

Sebaliknya, di tempat lain di Asia, polisi Nepal mempekerjakan 600 orang pelatih pada tahun 2014 untuk menggembleng para petugasnya agar menjadi lebih ramah.(BBC)