Saturday, 15 December 2018

Anies Akan Tambah Ekstrakulikuler Robotik di Sekolah

Kamis, 11 Oktober 2018 — 13:11 WIB
Program Robotic Explorer akan jadi ekstrakulikuler di sekolah.(yendhi)

Program Robotic Explorer akan jadi ekstrakulikuler di sekolah.(yendhi)

JAKARTA –┬áPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tandatangani kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia (YPRI) sebagai tindak lanjut program Robotic Explorer yang merupakan wadah edukasi teknologi robotik di Jakarta.

Kesepakatan kerjasama dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Ketua YPRI, Wahidin Wahab di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Pendiri World Robotic Explorer Jully Tjindrawan turut hadir dan menjelaskan konsep STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematic) yakni sistem pendidikan robotik yang akan diterapkan di Jakarta.

robotik-toga 1Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia menyaksikan atraksi robotik di Balai Agung, Jakarta, Kamis (11/10). (toga)

Anies menyambut baik kerjasama kali ini. Menurutnya, pendidikan robotik akan meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di masa depan dan diharapkan mampu bersaing di kancah dunia.

“Kita menginginkan anak-anak kita dibekali dengan kemampuan-kemampuan yang membuat mereka di kemudian hari akan membawa bangsa kita, bukan hanya sejajar, tapi lebih tinggi dan lebih baik daripada bangsa-bangsa lainnya. Dan itu artinya bekalnya dari hari ini,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, pendidikan robotik akan lebih baik jika dikenalkan sejak masih anak-anak karena bisa mengajarkan kreativitas dan inovasi anak. Pendidikan anak nantinya akan diterapkan sebagai kurikulum atau ekstrakulikuler.

robotik-toga 2

“Saya berharap banyak pada Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia untuk menjadi partner kami. Saya menyambut baik. Dan saya berharap pada jajaran Dinas Pendidikan, manfaatkan kesempatan ini. Disdik buka pintunya, ajak terlibat, fasilitasi. Dan pastikan faedah yang didapat anak-anak itu terasa betul. Sekarang pun mereka sudah terasa. Apa yang paling terasa? Minatnya meningkat, aksesnya meningkat,” papar Anies.

robotik-toga 3

Kerjasama ini nantinya akan meliputi Kompetisi Tahunan Piala Gubernur untuk Olimpiade Robotika Provinsi DKI Jakarta, Sinkronisasi kurikulum edukasi teknologi robotik, Pelatihan robot solution dan digital bagi guru dan peserta didik, Kegiatan ekstrakurikuler tentang edukasi teknologi robotik di tingkat SD, SMP, maupun SMA, dan Studi lapangan siswa-siswi SD, SMP, maupun SMA ke Rumah Robot. (yendhi/tri)