Friday, 14 December 2018

Indro Warkop Melompat-lompat Menyemangati Istri, Namun Tuhan Menentukan Lain

Kamis, 11 Oktober 2018 — 6:24 WIB
Indro saat memberikan keterangan pers

Indro saat memberikan keterangan pers

JAKARTA – Komedian sekaligus aktor senior Indro ‘Warkop’, menceritakan bagaimana ia berteriak dan berloncat untuk semangati mendiang istri, Nita Octobijanthy.

Menjelang Nita menghembuskan napas terakhirnya, Indro sempat dilanda panik yang luar biasa. Ketika itu sang istri tengah menjalani perawatan dari seorang dokter, dan akan disedot lendir yang berada di area paru-parunya. Namun kata Indro, pada saat itu dokter tidak bisa memasang selang terlalu ke dalam, sebab, hal ini dikhawatirkan mengganggu pernapasan Nita serta dapat membahayakan keselamatan jiwanya.

Ia mengaku curiga saat proses penyedotan itu. “Jadi dia (dokter) bilang ke saya, hanya bisa sedot yang dari tenggorokan, yang ke bawah saya ga bisa sedot dan itu sudah gumpalan darah,” ujar Indro di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Bapak dari tiga anak ini pun langsung memiliki firasat tidak mengenakan setelah mendengar penjelasan dokter tersebut. Sebab firasatnya mengatakan kalau Nita kemungkinan tak akan berumur panjang lagi.

Benar saja, sekitar 1 – 2 jam pasca proses penyedotan lendir tersebut, Almarhumah Nita tiba-tiba saja merasakan sesak. Semula sesaknya biasa, namun lama-kelamaan lanjutnya, Nita mulai menunjukkan raut kesakitan.

Ia mulai yakin kalau memang ada sesuatu yang menghambat pernapasan mendiang istri tercintanya. Namun karena tingginya resiko, indro pun tidak bisa meminta tindakan lebih jauh. Tak ingin Nita menyerah begitu saja, ia pun berusaha menyemangati mendiang istri tercintanya yang baru berulang tahun 8 oktober lalu, dengan berloncat dan berseru.

“Saya sebetulnya sudah berasa. Ya sudah saya begitu dia udah mengap-mengap begitu, saya loncat-loncat. Saya teriak-teriak, ‘Ayo! Ayo! Semangat ti semangat!’ Di situ saya sadar, ini udah dekat,” kenangnya dengan suara parau menahan tangis.

Lebih lanjut, saat itu Indro dan putri pertamanya Ipoet, memandu istri dan ibunda tercinta untuk mengucapkan nama Allah berkali-kali. Hingga kemudian sang istri dinyatakan telah meninggal dunia oleh dokter.

“Sampai akhirnya dokter bilang, ‘Ibu udah ga ada’. Tapi saya memang lihat, itu kan pakai EKG (Elektrokardiografi), itu memang sudah lurus,” kata Indro.

Pria berusia 50 tahun ini pun mengenang sang istri sebagai sosok yang luar biasa. Bahkan menurutnya, meskipun sakit, sang istri tidak pernah mengeluhkan rasa sakit yang tengah dideritanya.

“Dia jarang sakit, jarang ngeluh. Sampai sakit terakhir ga pernah ngeluh. Keluhannya yang terakhir-terakhir memang agak aneh aja. Mau pulang mau pulang,” tandasnya.

Sebelumnya Indro ‘Warkop’ memang mengungkapkan kalau ia mendapat firasat mendiang istri tercintanya akan segera berpulang, ketika Nita mulai mengatakan kalau ia ingin pulang. Sebab, almarhum ayah mertuanya pun mengucapkan hal serupa sebelum menghembuskan napas terakhir. Sehingga, Indro pun berfirasat seperti itu ketika Nita mengatakan hal tersebut.

Diketahui, Nita menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan, Selasa (9/10/2018) malam, pukul 20.20 WIB. Ibu dari tiga anak ini meninggal di usia 59 tahun akibat penyakit kanker paru-paru yang menggerogoti tubuhnya. (cw2/b)