Monday, 15 October 2018

Malang Digoyang Gempa

Kamis, 11 Oktober 2018 — 13:04 WIB
Ilustrasi pendeteksi gempa. (reuters)

Ilustrasi pendeteksi gempa. (reuters)

MALANG – Gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari tadi. Siang ini, gempa terjadi di Malang.

“Gempa magnitudo 3,5 di Malang pukul 11:02,” tulis BMKG dalam akunnya di Twitter. “Gempa berada di 8954 lintang selatan dan 112,73 bujur barat atau sekitar 158 km tenggara kota Kab. Malang dengan kedalaman 10 Km.”

BMKG minta masyarakat tetap tenang dan tak percaya dengan ramalan soal gempa. “Jangan mudah percaya,” ujar Kepala Deputi Bidang geofisika BMKG, Muhamad Sadly dalam keterangan pers di BMKG, Jakarta. “Kami ingatkan masyarakat untuk tak cemas.

“Kita kembali mengingatkan masyarakat agar tidak percaya ramalan gempa,” kata Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly dalam konferensi pers mengenai gempa Situbondo, di kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, Indonesia unik. Kompleksnya seismik kerak bumi menyebabkan Tanah Air memang rawan gempa. Namun, masyarakat tidak perlu cemas.
.
“Tapi potensi terjadi kapannya belum tahu. Masyarakat tidak perlu cemas. Kita menyiapkan langkah mitigasi tetap. Bagaimana kita memiliki kepahaman dan menyiapkan infrastruktur yang aman gempa. Karena yang bahaya saat gempa adalah bangunan yang jatuh,” tutur Muhamad Sadly.(*/yp)