Sunday, 16 December 2018

PKPI : Niat Amien Rais akan Ungkap Korupsi Semoga Bukan Barter dan Politisasi Hukum

Kamis, 11 Oktober 2018 — 12:54 WIB
Amien Rais (toga)

Amien Rais (toga)

JAKARTA – Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia  mendukung pernyataan Amien Rais yang akan membongkar kasus korupsi  perkara impor daging.

Sekjen PKP Indonesia, Verry Surya  Hendrawan mengatakan pemberantasan korupsi di Indonesia menjadi semangat bersama.

“Terkait Pak Amien Rais yang hendak membongkar kasus korupsi, PKP Indonesia, kami mendukung penuh niat pak Amien. Ini harus menjadi semangat bersama,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (11/10/2018).

Pernyataan Amien yang akan membongkar kasus korupsi tersebut disampaikan melalui kuasa hukumnya sehari menjelang diperiksa polisi yang mengendap di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Di saat yang bersamaan tersiar kabar dugaan Kapolri Tito Karnavian yang mendapatkan aliran dana atau suap dari pengusaha Basuki Hariman untuk perkara impor daging.

Bahkan sebelum diperiksa di Mapolda pada Rabu (10/10/2018), Amien meminta agar Presiden Joko Widodo mencopot Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, namun tidak merinci alasan dari permintaan tersebut.

Verry sempat mempertanyakan niatan mantan Ketua MPR RI yang baru disampaikan saat ada pemanggilan dari kepolisian. Dia berharap agar niat pengungkapan kasus korupsi tidak dijadikan alat tawar menawar kasus hukum.

“Mengapa menunggu momen saat ini untuk membukanya? Semoga ini bukan merupakan skenario barter apalagi politisasi hukum.  Sekali lagi, semoga prasangka beberapa pihak tersebut adalah salah. Rakyat selalu menilai apapun yang elit politik peragakan di depan publik, dan jenuh dengan berbagai manuver para elit yang melukai rasa keadilan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf itu memuji Amien Rais yang mengaku mendapatkan perlakuan baik dari kepolisian selama pemeriksaan. Verry menilai pernyataan tersebut dapat meredakan ketegangan pendukungnya. Diketahui selama pemeriksaan,  pendukung Amien Rais menggelar aksi unjuk rasa di depan Markas Polda Metro Jaya.

“Ini adalah pernyataan jujur yang dapat meredakan ketegangan atau suasana kebatinan para pendukung Pak Amien Rais. Sekaligus menunjukkan bahwa polisi telah-selalu-akan bertindak profesional dalam menangani kasus apapun,kepada siapapun, tanpa kecuali dan perbedaan,” tuntas Verry. (ikbal/tri)