Monday, 17 December 2018

Anies Janji Segera Realisasikan Penataan Kampung Kumuh

Jumat, 12 Oktober 2018 — 0:19 WIB
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.  (yendhi)

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. (yendhi)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera merealisasikan penataan 21 kampung kumuh. Konsep perencanaan segera dirampungkan sehingga dalam masa kepemimpinannya, kampung kumuh tersebut sudah tertata dengan baik.

Anies menjelaskan, penataan kampung-kampung di Jakarta akan berkolaborasi bersama masyarakat. Sehingga bisa menghadirkan hunian yang layak, lingkungan yang bersih, jaminan air bersih, dan ketersediaan lapangan kerja. Saat ini tim penataan tengah melakukan perencanaan dengan melibatkan unsur masyarakat.

“Ini segera dirampungkan sehingga penataan bisa dimulai. Untuk menata, kita melibatkan warga. Setelah masukan dari berbagai kalangan rampung, termasuk pelibatan warga, maka segera dieksekusi,” katanya.

Menurut Anies, selama ini pendekatannya adalah membuat program lalu sosialisasi, membuat rencana lalu eksekusi. Namun, sekarang, rencananya jga melibatkan warga. “Apa yang menjadi aspirasi warga dan juga pemerintah dibicarakan bersama-sama,”ujarnya, Kamis (11/10).

Adapun 21 lokasi kampung kumuh tersebut meliputi Kampung Lodan, Kampung Tongkol, Kampung Krapu, Kampung Muka, Kampung Walang, Kampung Akuarium,Kampung Marlina, Kampung Elektro, Kampung Gedong Pompa, Kampung Kerang Ijo, Kampung Baru Tembok Bolong, Kampung Blok Empang dan Kampung Tanah Merah yang masuk wilayah Jakarta Utara.

Kampung Prumpung, Jakarta Timur, Kampung Rawa Barat, Kampung Rawa Timur, Kampung Guji Baru, Kampung Kunir, Kampung Kali Apuran dan Kampung Sekretaris dari wilayah Jakarta Barat. Sedangkan untuk Jakarta Selatan adalah Kampung Baru. (John/ta)