Tuesday, 18 December 2018

Cerita KTP buat Anjing….

Jumat, 12 Oktober 2018 — 7:05 WIB
anjing

SUNGGUH bersyukur menjadi warga ibukota. Segala keperluan diurusi, segala kebutuhan disediakan. Segala yang hidup diberi tanda pengenal. Bayangkan, Pemprov DKI Jakarta memberikan KTP buat anjing peliharaan, memasang microchip untuk mereka yang ngendon di rumah maupun yang sedang diperjualbelikan.

Dengan mendapatkan identitas atau ‘KTP’ sesuai dengan microchip yang dipasangkan, maka tak ada makhluk yang tak jelas identitasnya. Jangan menyebut diri bukan siapa siapa dan sebatang-kara di ibukota ini. Sebab, anjing pun diberi tanda pengenal. Punya KTP.

Mulai sekarang, jika Anda memergoki anjing kesasar atau kebingungan, Anda boleh tanya, dari mana, mau ke mana. Adakah yang bisa dibantu? “Oh, ya, njing, boleh lihat KTPnya?” He..he..

“Sampai saat ini microchip terpasang 314 dari target 500 unit,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni saat dimintai konfirmasi, Selasa (9/10/2018).

Pemasangan tanda identitas itu, katanya, sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 199 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies.

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp 925 juta untuk untuk pencetakan ‘KTP’ bagi anjing – sebanyak 10 ribu lembar – termasuk di dalamnya untuk pengendalian rabies.

Sri Hartati, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas ( KPKP) DKI Jakarta mengaku sudah melakukan sosialisasi selama setahun pada 2017 dan dilanjut tahun ini dengan pelaksanaan. “Bagaimana pelaksanaannya, macam-macam, tergantung wilayah,” katanya saat dihubungi terpisah.

Ternyata, tidak semua anjing akan dipaksa untuk dipasang microchip. Pemasangan identitas hanya dilakukan pada anjing peliharaan yang sering dibawa ke luar dan anjing yang diperjualbelikan. “Khusus untuk anjing punya pemilik dan dilalulintaskan, diperjualbelikan. Kalau anjing ‘meneng bae’ (diam), di rumah, nggak kemana-mana ya nggak,” katanya.

Berbahagialah warga Jakarta karena sudah diurus segalanya. Jangan sekali sekali Anda merasa diabaikan dan tersia-sia. Di ibukota kita ini, bahkan anjing pun kini ada KTPnya. Menyusul KTP buat kucing, ikan, monyet, ular, dan lainnya. Termasuk buaya-buaya yang mondar mandir di Pantai Ancol dan Kali Cengkareng tempo hari.

Gitchu, ‘kali – dimas