Monday, 15 October 2018

Ini Dia Modus Baru Bandit Bobol Isi ATM Nasabah

Jumat, 12 Oktober 2018 — 19:34 WIB
Polisi menunjukkan alat atau pinset yang digunakan mengambil uang nasabah dari mesin ATM

Polisi menunjukkan alat atau pinset yang digunakan mengambil uang nasabah dari mesin ATM

JAKARTA – Satu dari tiga pembobol mesin ATM diringkus Tim Resmob Polsek Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Tersangka ZN, 25 dibekuk usai menggasak uang milik nasabah saat menarik uangnya di mesin ATM di Jalan Raya Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dalam melakukan aksinya, komplotan ini terlebih dahulu mengganti sakelar yang menyambung ke mesin ATM. Ketika nasabah menarik uang di ATM, satu tersangka langsung mematikan sakelar sehingga listrik ke mesin ATM padam. Uang yang seharusnya keluar tertahan yang sudah naik ke atas.

Ketika nasabah bingung dan meninggalkan mesin ATM tersangka langsung menghidupkan sakelar. Uang yang tercepit itu lalu diambil dengan alat penjepit dari besi (pinset) sepanjang 40 centimeter. “Kejadian ini tersangka membawa kabur uang dengan jumlah Rp 2 juta,” kata Kapolsek Kebon Jeruk Kompol M Marbun, Jumat (12/10).

Dikatakan, komplotan ini beraksi di tempat yang sama berulang kali. Gerak-gerik mereka terekam kamera CCTV dan dicurigai warga sekitar. Saat aksinya ketahuan, mereka kabur. Warga melakukan pengejaran dan melapor ke polisi. Namun hanya tersangka, Z yang dibekuk, dua temannya lolos.

“Kami masih melakukan penyelidikan mengejar dua rekan tersangka. Kuat dugaan para tersangka juga melakukan aksinya ditempat lain,” ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan, Z bertugas sebagai pemantau di sekitar mesin ATM. Dua rekannya berada di dalam mesin ATM yang satu layaknya seorang nasabah dan satu lagi berada di posisi sakelar. “Sehingga saat mesin ATM berbunyi untuk mengeluarkan uang, tersangka ini langsung matikan sakelarnya,” tukasnya.

Dari tersangka yang diamankan, polisi menyita seperangkat alat penjepit pinset, kartu ATM, mobil Honda City B 1072 VES dan rekaman CCTV Mesin ATM.

Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk AKP Josman Harianja menjelaskan, ada saksi yang melihat tiga tersangka melakukan aksi kejahatannya di dalam ruang ATM. Mengetahui hal itu, saksi meminta tolong kepada warga sekitar, lalu mengejarnya.

“Anggota kami saat itu sedang observasi wilayah kemudian ikut mengejarnya. Tersangka yang berusaha kabur menggunakan mobil menabrak sepeda motor dan mobil yang melintas di jalan panjang,” ujarnya.

Kemudian tersangka kabur meninggalkan mobilnya. Satu tersangka Z diringkus dilokasi sedangkan dua temannya menghilang dari kejaran. Atas kejadian tersebut, pihak PT Bank BRI Persero mengalami kerugian Rp 22.500.000. (ilham/b)