Tuesday, 18 December 2018

Prancis Nyaris Dipermalukan Islandia

Jumat, 12 Oktober 2018 — 5:56 WIB
Kylian Mbappe selamatkan Prancis dari kekalan saat menjamu Islandia (reuters)

Kylian Mbappe selamatkan Prancis dari kekalan saat menjamu Islandia (reuters)

PRANCIS- Juara Piala Dunia 2018, Prancis nyaris dipermalukan Islandia meski hanya laga persahabatan. Prancis sempat tertinggal 0-2 namun mampu disamakan lewat gol Kylian Mbappe semenit jelang waktu laga normal selesai. Itu pun lewat tendangan penalti.

Pada laga yang dihelat di Stade du Roudourou, Prancis Jumat (12/10/2018) dinihari WIB, Islandia sempat unggul lewat gol Bjarnason menit ke-30 dan gol Arnason menit ke-58.

Namun hanya empat menit laga akan berakhir, tuan rumah Prancis mampu menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Eyjólfsson tepat menit ke-86 dan gol penalti Mbappe menit ke-90.
Tentu hasil ini tidak baik untuk Prancis. Padahal menghadapi negara kecil Islandia, boleh dibilang Prancis turun dengan pemain terbaiknya. Meski hanya sebagai tim tamu justru Islandia lebih menguasai laga.

Birkir Bjarnason membawa Islandia unggul 1-0 di menit ke-30 setelah dia mampu memanfaatkan umpan Alfred Finnbogason.

Tentu saja gol itu membuat Prancis tersentak dan berusaha mencari gol balasan. Namun buruknya penguasaan bola membuat mereka selalu gagal dan babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0.

Memasuki babak kedua, Islandia secara mengejutkan menjauh 2-0, pada menit 58. Kari Arnason memenangkan duel udara dengan bek-bek Prancis, untuk menanduk umpan lambung matang Gylfi Sigurdsson.

Tampak Prancis panik. Mereka lalu mengurung pertahanan Islandia dari berbagai sudut. Meski susah payah akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan menit 86, tatkala tembakan Kylian Mbappe gagal dihalau Hannes Thor Halldorsson, sampai sang kiper cetak gol bunuh diri.

Prancis benar-benar menunjukkan mentalitas juaranya. Setiap kesempatan digunakan untuk mencetak gol dan akhinya mampu menyamakan kedudukan menit ke-90. Berawal ketika Kolbeinn Sigthorsson menyentuh bola di kotak terlarang Islandia.

Mbappe maju sebagai algojo dan pemain berusia 19 tahun ini mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bahkan Prancis nyaris unggul di masa injury time andai sepakan keras Thomas Lemari tak ditangkis Halldorsson. Pada akhirnya hasil imbang 2-2 jadi hasil final laga.

Dan ini menjadi kegagalan pertama Tim Ayam Jantan meraih kemenangan di laga internasional, sejak bermain imbang 1-1 kontra Denmark di babak grup Piala Dunia 2018 lalu.(b)