Tuesday, 20 November 2018

Sempat Tertinggal Prancis Berbalik Unggul 2-1 Atas Jerman

Rabu, 17 Oktober 2018 — 5:21 WIB
Dengan gaya menari Griezmann rayak gol ke gawang Jerman (reuters)

Dengan gaya menari Griezmann rayak gol ke gawang Jerman (reuters)

PRANCIS- Sempat tertinggal di babak pertama, namun Prancis mampu membalikkan keadaan sehingga unggul 2-1 atas tamunya Jerman pada laga UEFA Nations League di Stade de France, Rabu (17/10) dini hari WIB.
Toni Kroos membawa Jerman unggul lewat sepakan penalti menit ke-14. Namun mental juara dunia ditunjukkan oleh Prancis. Dan yang jadi pahlawan kali ini adalah Antonio Griezmann dengan golnya menit ke-62 dan menit ke-80.

Dengan hasil ini Prancis kian kokoh di puncak klasemen Grup dengan mengemas tujuh poin di tempat kedua Belanda mengemas tiga poin dari dua laga.

Sedangkan bagi Jerman ini adalah kekalahan kedua dari Prancis dan baru sekali seri sehingga hanya mengemas satu poin.

Memang kedua tim mempertontonkan permainan menarik. Jual beli serangan disuguhkan sejak menit awal. Prancis mengancam menit keempat lewat Griezmaan ketika menerima umpan dari Oliver Giroud.

Namun justru Jerman duluan unggul menit ke-14. Jerman mendapat hadiah penalti ketika Leroy Sane dijatuhkan oleh Paul Pogba di kotak penalti. Toni Kroos yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan membobol gawang Hugo Lloris.

Gol itu membuat Prancis kian menekan Jerman, Segala cara mereka lakukan untuk mencari gol penyeimbang namun selalu gagal. Jerman juga tidak mau ketinggalan menit ke-24, pertahanan tuan rumah kembali goyah ketika sepakan keras Thilo Kehrer memaksa Lloris melakukan penyelamatan.

Kylian Mbappe yang kerap mendapat pengawalan ketat sebetulnya di akhir babak pertama sempat mengancam gawang Neuer namun pemain muda ini gagal sehingga ketika turun minum tetap kedudukan 1-0 untuk tim tamu.

Memasuki babak kedua Prancis berusaha keluar dari tekanan. Seperti menit ke-52, mereka nyaris menyamakan kedudukan, namun Manuel Neuer membuat keputusan tepat dan mampu menghentikan aksi Mbappe yang sebelumnya lolos dari kawalan Niklas Sule. Kurang dari semenit, Neuer kembali menyelamatkan gawangnya dari ancaman Mbappe.

Prancis akhirnya menyamakan skor pada menit ke-61. Paul Pogba mengirimkan bola ke sisi kiri dan Lucas menerimanya sebelum mengirim umpan silang ke kotak penalti. Griezmann dengan jitu menanduk bola melewati adangan Neuer.
Bahkan Griezmann membawa Prancis berbalik unggul berkat eksekusi penaltinya pada menit ke-83. Penalti didapat setelah Mats Hummels secara ceroboh menjatuhkan Blaise Matuidi di kotak terlarang. Hingga wasit meniup pluit akhir tidak ada lagi gol tercipta sehingga Prancis unggul 2-1.

Jerman yang berusaha keras meraih poin harus pulang dengan tangan hampa.Hasil ini membuat Jerman belum pernah menang dalam tiga laga mereka di kompetisi tahun ini. Tentu kekalahan ini juga membuat posisi Joachim Low sebagai pelatih Jerman kian goyah. (b)