Tuesday, 20 November 2018

Kali Bekasi ‘Bersalju’, PDAM Turunkan Produksi Air Bersih

Kamis, 18 Oktober 2018 — 17:56 WIB
Kali Bekasi yang berbusa tebal. (chotim)

Kali Bekasi yang berbusa tebal. (chotim)

BEKASI – Busa tebal seperti salju masih terjadi di Kali Bekasi, Kamis (18/10/2018). Kondisi ini mejadikan PDAM Tirta Patriot menurunkan produksi air bersihnya.

Pemantauan Poskotanews, di sejumlah titik di Kali Bekasi menunjukkan busa tebal masih memenuhi badan kali. Terutama di sekitar Bendung Prisdo, ketebalan busa sampai sekitar 50 cm.

“Busa tebal dan airnya hitam berbau,” kata Eko, warga di sekitar Kali Bekasi.

Menurutnya, air kali yang hitam ini tertutup busa saat air turun dari bendungan. Atau jika ada gerojokan maka busa akan semakin tebal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi, mengatakan sudah menurunkan petugas untuk meneliti. Hasil penelitian juga sudah disampaikan kepada instansi terkait. Termasuk kepada lembaga swadaya penggiat peduli lingkungan hidup.

“Karena turbelensi, maka busa semakin tebal. Kita sudah kirim laporannya ke lembaga terkait,” katanya.

Di bagian lain, Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Solihat, mengatakan kondisi ini sangat mengganggu produksi air bersih. Apalagi air baku yang digunakan PDAM masih bercampur dengan air Kali Bekasi.

“Ya sangat berpengaruh sekali. Kita terpaksa menurunkan volume produksi,” katanya.

Melalui Humas PDAM Tirta Patriot, Uci Indrawinata, mengatakan jika produksi air bersih diturunkan dari 450 lt/dt menjadi 380 lt/dt. Air baku PDAM sebagian masih berasal dari Kali Bekasi. (chotim/yp)