Wednesday, 14 November 2018

Suzuki Indonesia Ekspor Motor dan Mobil

Kamis, 25 Oktober 2018 — 7:25 WIB
Menperin Airlangga Hartanto dan Jajaran Direksi Suzuki Indomobil Motor (SIM) melepaskan mobil dan motor Rakitan Indonesia diekspor ke mancanegara.(adji)

Menperin Airlangga Hartanto dan Jajaran Direksi Suzuki Indomobil Motor (SIM) melepaskan mobil dan motor Rakitan Indonesia diekspor ke mancanegara.(adji)

JAKARTA– PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengekspor dua kendaraan anyar rakitan Indonesia yakni Sepeda Motor Suzuki Nex II dan Mobil Suzuki All New Ertiga ke sejumlah negara.
Ekspor ini diharapkan akan meningkatkan investasi di Indonesia sebanyak 1,5 kali lipat dari Rp7,8 triliun menjadi Rp11,3 triliun hingga tahun 2022.

Langkah ini sebagai upaya Suzuki menjadikan Indonesia pilar ketiga basis produksi mobil dan motor di dunia setelah Jepang dan India.

Peresmian eskpor tersebut dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Revolusi industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah menyebutkan industri automotif menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi dalam negeri melalui peran utamanya sebagai pemain ekspor. Hal ini didukung oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dengan terus mendorong ekspor produk automotifnya.

Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor, Seiji Itayama mengatakan, pada 2017 nilai ekspor mobil dan motor Suzuki mencapai Rp7,8 triliun. Artinya setara dengan 33% pendapatan perusahaan. Sedangkan sampai tahun 2022, perusahaan menargetkan meraup kenaikan nilai ekspor hingga 1,5% atau menjadi Rp11,3 triliun. “Untuk mencapai target tersebut, kami akan meningkatkan investasi, baik investasi sumber daya manusia maupun investasi fasilitas,” tutur Seiji di Pabrik Suzuki Cikarang,Bekasi kemarin Senin (22/10/2018).

KHUSUS ERTIGA

Khusus untuk Ertiga, Suzuki mulai melakukan ekspor pada tahun 2013. Hingga 2018, sebanyak 42.158 unit Ertiga telah berhasil dikapalkan ke 28 negara. Tren positif ini terus berlanjut dengan dimulainya ekspor All New Ertiga. Sebanyak ekspor 12.000 unit All New Ertiga ke Meksiko, Filipina, dan 20 negara lainnya yang tersebar di benua Asia, Amerika Latin, dan Oseania.

“Selain itu peresmian ekspor ini merupakan dukungan terhadap kebijakan pemerintah untuk meningkatkan ekspor dan memajukan perekonomian dalam negeri,” ujarnya, Senin (22/10). Ini bukan kali pertama bagi PT Suzuki Indomobil Motor mengekspor produknya ke berbagai negara. Kegiatan ekspor sudah dimulai sejak 1993 lewat model Carry Futura, Carry Real Van, dan Katana. (adji/bu)