Tuesday, 19 February 2019

Manchester United vs Everton

Ambisi Meretas Asa Setan Merah

Sabtu, 27 Oktober 2018 — 15:31 WIB
Jose Mourinho (reuters)

Jose Mourinho (reuters)

INGGRIS  –  Catatan buruk yang diukir Manchester United (MU) di Liga Primer Inggris musim ini, kembali menjadi momok bagi  mereka untuk kembali meretas asa kala menjamu Everton di Old Trafford, Minggu (28/10/2018) pukul 23:00 WIB.

Lebih dari sekadar tiga angka, skuad asuhan Jose Mourinho itu wajib menang meyakinkan, demi mengembalikan kepercayaan di hadapan para pendukung mereka, musim ini.

Saat ini MU sudah tertinggal jauh dalam persaingan  menuju papan atas klasemen sementara Liga Primer, musim ini. Dengan total 14 angka dari sembilan laga, tim berjuluk Setan Merah itu tertinggal tujuh angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Tottenham Hotspur yang akan menjamu Manchester City, Selasa (30/10/2018) pukul 03:00 WIB. Itu artinya, MU punya kans besar untuk dapat memangkas jarak dengan Spurs. Syaratnya, mereka harus bisa mengalahkan Everton yang lebih konsisten ketimbang MU di Liga Primer musim ini.

Ya, dari sembilan laga yang sudah dilakoni, Everton sudah meraih empat kemenangan, tiga kali imbang, dan baru dua kali menelan kekalahan. Terakhir, tim besutan Marco Silva itu sukses menekuk Crystal Palace 2-0, akhir pekan lalu. Hasil itu bahkan membuat Everton mampu membawahi MU dengan total 15 poin. Sementara MU sudah tiga kali menelan kekalahan, dimana sisanya berakhir dengan empat kemenangan dan dua kali imbang. Ditambah bangku pelatih Jose Mourinho yang mulai digoyang, duel kontra Everton semakin bertambah berat.

Konflik antara Mourinho dengan sejumlah bintang Setan Merah yang tak kunjung reda, hingga belum adanya dukungan dari manajemen klub untuk mendatangkan pemain anyar kelas wahid, turut menimbulkan rumor baru jika pria asal Portugal itu bakal hengkang dari Old Trafford. Rumor itu muncul setelah Real Madrid secara bersamaan bersiap untuk mendatangkan Mourinho sebagai pengganti Julen Lopetegui yang sedang diultimatum, menyusul oerforma buruk tim asal Ibu Kota Spanyol tersebut dalam beberapa laga terakhir.

Rumor itu bahkan tidak dibantah oleh Mourinho yang selama ini dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden Madrid, Florentino Perez. Meski demikian, Mourinho terkesan malu-malu menanggapi rumor barunya tersebut.

“Saya belum yakin dengan itu (pinangan Madrid). Saya tidak dapat mencari kata lain dalam bahasa Inggris mengenai kondisi saya di klub ini (Manchester United). Tetapi kita lihat apa yang akan terjadi nanti. Tapi saya pikir ini hanya soal waktu,” kata mantan pelatih Madrid di era 2010-2013 lalu itu seperti dikutip Standard Evening.

Melawan Everton, Mourinho masih kehilangan beberapa pemainnya. Diogo Dalot, Marouane Fellaini dan Alexis Sanchez harus menepi akibat cedera. Sementara itu, Antonio Valencia, Jesse Lingard, Scott McTominas dan Phil Jones kondisinya meragukan. Sedangkan di kubu Everton Marco Silva kemungkinan akan  datang dengan kekuatan penuh. Pada laga lainnya di hari yang sama, Arsenal bakal menyambangi Palace, sementara Chelsea melawat tuan rumah Watford. (junius/mb)

REKOR PERTEMUAN:
02/01/18, Everton v United 0-2
17/09/17, United v Everton 4 0
05/04/17, United v Everton 1-1
04/12/16, Everton v United 1-1
PRAKIRAAN PEMAIN:
Man United (4-3-3): De Gea (g); Shaw, Lindelof, Smalling, Valencia; Pogba, Matic, Herrera; Martial, Lukaku, Rashford.
Everton (4-2-3-1): Pickford (g); Digne, Zouma, Keane, Coleman; Gueye, Gomes; Bernard, Sigurdsson, Walcott; Richarlison.