Friday, 20 September 2019

Kevin/Marcus Kalah dari Ganda Cina, Indonesia Gagal Total di Prancis Terbuka

Senin, 29 Oktober 2018 — 5:19 WIB
Kevin/Marcus  yang berjaya di Denmar Terbuka gagal di Prancis Terbuka (reuters)

Kevin/Marcus yang berjaya di Denmar Terbuka gagal di Prancis Terbuka (reuters)

PRANCIS- Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, gagal merebut gelar juara Prancis Terbuka 2018. Menghadapi ganda China, Han Chengkai/Zhou Haodong, di final, Minggu (28/10/2018), Kevin/Marcus takluk dalam tiga gim 21-23, 21-8, 17-21.

Indonesia puh harus a pulang dengan tangan hampa dari Prancis Terbuka 2018, Minggu (28/10/2018). Adapun China berjaya dengan merebut tiga gelar.
Kegagalan Kevin/Marcus ini terpaksa mengubur harapan merebut dua gelar secara beruntun setelah pekan lalu juara di Denmark Terbuka 2018.

Laga kedua ganda ini berjalan menarik. Han/Zhou unggul 2-0 terlebih dahulu, tapi kemudian Kevin/Marcus balik memimpin 8-7.

Kejar-mengejar poin setelah itu berjalan makin sengit. Saat interval, Han/Zhou unggul tipis 11-10.

Kevin/Marcus berusaha bangkit setelah interval. Berkat permainan cepat dan agresif, mereka balik unggul 13-11. Namun, pertandingan tetap berjalan ketat. Pada saat-saat kritis, ganda Cina tampil lebih taktis. Gim ini dimenangi Han/Zhou dengan skor 23-21.

Di babak kedua, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak mau mengulangi kesalahan. Kali ini mereka langsung tancap gas. Hasilnya, Minions unggul 11-3 saat jeda. Setelah itu mereka juga tak terbendung, memenangi gim kedua dengan skor 21-8.
Pada gim penentuan, Kevin/Marcus kembali tertekan. Ganda putra peringkat satu dunia tersebut sulit untuk memegang kendali pertandingan.

Alhasil, mereka lebih sering tertinggal. Setelah tertinggal 11-3, Kevin/ Marcus masih dalam posisi mengejar dalam kedudukan 13-16.

Di sisi pertandingan, Kevin/Marcus gagal bangkit memangkas gap. Gim kedua akhirnya menjadi milik Han/Zhou dengan skor 17-21.

Dengan kekalahan Kevin/Marcus, Indonesia gagal memboyong gelar dari Prancis Terbuka 2018. Ini menjadi penurunan karena pada tahun lalu, Indonesia berhasil merebut dua gelar dari Prancis Terbuka melalui Anthony Sinisuka Ginting dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.
Kali ini Cina yang berjaya dengan meraih tiga gelar yaitu dari sektor ganda campuran, ganda putra, dan tunggal putra. Kemenangan di ganda campuran dipersembahkan pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Sedangkan di tunggal putra Chen Long berhasil merebut gelar juara.

Jepang kebagian dua gelar pada turnamen ini, melalui Mayu Matsumoto/Wakana Hagara (ganda putri) dan Akane Yamaguchi (tunggal putri). Akane merebut gelar juara setelah mengalahkan pemain nomor satu dunia asal Chinese Taipei, Tai Tzu Ying. (b)