Monday, 26 August 2019

Penipu, Nggak Usah Dipercaya

Senin, 29 Oktober 2018 — 5:32 WIB
sentilan penipu

MULAI marak lagi kejahatan yang menggunakan hipnotis. Paling tidak sudah terlihat beberapa orang kena tipu daya pelaku yang menjelma apa saja, termasuk dukun palsu pengganda uang!

Memang tidak ingin berdebat apakah yag digunakan para penjahat itu benar-benar hipnotis atau ilmu apa, karena menurut para pegiat hipnotis, nggak ada itu hipnotis untuk menipu, katanya.Tapi yang jelas para korban mau saja, ketika dipinjam HP-nya, mengambil uang di ATM, atau diminta menggandakan uangnya.

Ya, terserahlah mau pakai ilmu apa, apakah ilmu kudu nekat? Peristiwa yang tragis,suami istri tertipu oleh dukun palsu, yang mengangaku bisa menggandakan uangnya dari ratusan juta bisa jadi milyaran rupiah. Memang nggak masuk akal,ya? Tapi, inilah yang masyarakat terutama mereka yang terpedaya, bahwa mereka mengaku kena hipnotis. Artinya, ketika sang penipu ngomong apa saja, mereka percaya. Bahkan ketika diminta harta bendanya termasuk uang ratusan juta, korban tak menolak!

Mereka baru sadar jika itu penipuan beberapa saat kemudian. Malah ada korban penipuan tewas dibantai dukun ketika mereka nagih uang hasil gandaannya.

Ya, pokoknya masyarakat luas, terutama ibu-ibu rumah tangga dan ABG jangan gampang percaya pada orang. Selidiki dulu, benar atau nggak. Kalau itu janggal, nggak masuk akal, tolak saja!

Banyak peristiwa penipuan memang pada dasarnya si korban sangat percaya, pada si penipu. Misalnya, mereka pergi ke dukun yang katanya mampu menggandakan uang? Wahai, ibu, bapak, di zaman now ini masih percaya kleinik? Seandainya itu benar, apa ia nggak sadar jika itu adalah uang nggak sah. Bayangkan saja, uang bisa beranak? Masuk akal nggak?

Kalau bisa menggandakan uang, ngapain buat orang. Si dukun sendiri susah alias miskin, iya apa iya?  – massoes