Wednesday, 14 November 2018

Jalan Kaki, Siapa Takut?

Senin, 5 November 2018 — 7:17 WIB
cahyo

JALAN kaki itu termasuk olah raga. Olah raga paling murah. Jadi ketika melangkahkan kaki dari rumah, kemana pun akan menuju,ke kantor atau sekadar jalan-jalan ke luar rumah, maka orang dekat, tetangga misalnya akan bertanya; “ Olah raga, nih?”

Ya, olah raga. Jalan kaki menurut berbagai sumber ahli kesehatan akan bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Ini nih penyakit yang paling bikin takut, jantung. Nah, dengan berjalan kaki sedikitnya 30 menit sehari, dijamin jantungan bisa teratasi. Meningkatkan pembentukan otot, kekebalan tubuh, merangsang otot pada otak, menjaga tubuh tetap aktif dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, ketika ada kesempatan acara jalan santai di lingkungannya, Bang Jalil dan sang istri ikut ambil bagian grup RT setempat.

“ Ya, itung-itung olah raga ya,Pak? Biar tubuh sehat wal’afiat,” ujar sang istri.
Bang Jalil mengiyakan. Dia sendiri nampak semangat, apalagi ketika Pak RT bicara; ”Kita sekalian bisa ketemu sama Bapak Presiden yang nanti ikut senam di lapangan kantor walikota.”

“ Wah, kebetulan Ibu mau minta sepeda!” celetuk istri Bang Jalil.

Bang Jalil hanya tersenyum. Melihat istrinya semangat jalan kaki, tapi sayang baru setengah jalan, dia sudah mogok.” Ibu nggak sanggup,Pak. Kaki sakit semua. Ya, lecet!” setengah teriak melihat kakinya yang nggak setahun sekali itu pakai sepatu. Maklum, sepatu yang dipakai juga itu punya cucunya.

“Nih, sepatunya sempit, Pak!” katanya.

Apa boleh buat, Bang Jalil dan istrinya keluar dari barisan. Langsung balik kanan, pulang naik ojek.

“ Bu Jalil, wah tadi saya salaman sama Bapak Presiden!” ujar tetangga yang baru pulang dari acara jalan santai, sambil menuntun sepeda.

“ Wah, itu pasti hadiah sepeda dari Bapak Presiden, ya?” teriak Ibu Jalil. Tetangganya hanya tersenyum. Hadiah dari Hongkong? Wong, sepeda kredit dari Babah Ahong, buat hadiah ultah cucu,kok? -massoes