Saturday, 17 November 2018

Buka Pelayanan di Pasar, PTSP Kecamatan Matraman Diserbu

Kamis, 8 November 2018 — 23:15 WIB
Pedagang di pasar Palmeriam yang mendapat pelayanan dari PTSP Kecamatan Matraman. (Ifand)

Pedagang di pasar Palmeriam yang mendapat pelayanan dari PTSP Kecamatan Matraman. (Ifand)

JAKARTA – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kecamatan Matraman, membuka pelayanan di Pasar Palmeriam, Kamis (8/11). Sebanyak 39 pedagang yang ada, langsung mendapatkan surat izin usaha mikro kecil (IUMK) untuk melancarkan perdagangan mereka.

Kamira, 60, pedagang mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan pelayanan yang diberikan. Pasalnya, ia bisa mendapatkan IUMK dari usaha yang dilakukan belakangan ini.

“Biasanya kan kalau mau urus itu harus ke kelurahan atau ke kecamatan, ya tahu sendiri kalau dagangan ditinggal ngga dapat apa-apa. Makanya ini membantu sekali,” katanya, Kamis (8/11).

Dikatakan Kamira, dari pelayanan yang diberikan, selain mempermudah mengurus surat, pedagang yang ada juga ditawarkan pinjaman modal. Pinjaman itu bisa menambah stok baju yang dijualnya selama ini.

“Kalau sebelumnya kan dapat pinjaman dari koperasi, cuma kalau dapat tambahan lagi ya Alhamdulillah. Kan tokonya jadi kelihatan banyak dagangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit PTSP Kecamatan Matraman, Tri Saptanti mengatakan, pelayanan goes to market yang dilakukan pihaknya untuk mendekatkan layanan ke masyarakat khususnya pedagang di pasar.

Dengan begitu mereka bisa mendapatkan izin usaha kecil, karena selama ini mereka biasa datang ke kelurahan maupun kecamatan. “Karena itu untuk pelayanan ini akan kami buka di pasar Palmeriam hingga dua hari kedepan,” ungkapnya.

Dikatakan Saptanti, antusias pedagang di pasar Palmeriam atas pelayanan ini cukup tinggi. Pasalnya, selama pelayanan dibuka, 128 pedagang yang ada langsung melakukan pendaftaran. “Hasilnya untuk hari ini juga, kami menerbitkan 29 surat izin usaha bagi para pedagang. Sisanya menyusul seiring pelayanan ini berjalan,” terangnya.

Selain pedagang, sambung Tanti, pihaknya juga membuka kesempatan bagi warga sekitar wilayah kelurahan Palmeriam untuk memanfaatkan pelayanan ini. Dimana warga yang ada diluar pasar juga bisa mengurus surat-surat yang diperlukan. “Apalagi kami juga membuka pelayanan di akhir pekan, dan berharap warga memanfaatkan hal ini,” pungkasnya. (Ifand/win)