Wednesday, 14 November 2018

Dipecat Trump, Jaksa Agung AS: Atas permintaan Anda, Saya Mengundurkan Diri

Kamis, 8 November 2018 — 16:07 WIB
Jeff Sessions mantan jaksa Agusng AS. (reuters)

Jeff Sessions mantan jaksa Agusng AS. (reuters)

AMERIKA – Presiden AS, Donald trump, memecat Jaksa Agung Jeff Sessions. Diduga, pemecatan ini berkaitan dengan mundurnya Jeff dari tim penyelidikan kasus dugaan campur tangan Rusia dalam Pemilu Presiden AS 2016.

Kami berterima kasih kepada Jaksa Agung Jeff Sessions atas pelayanannya, dan doa terbaik buatnya!” tulis Trump dalam cuitannya di akun Twitternya Rabu (8/11/2018) waktu setempat dilansir CNBC.

Trump menyebut posisi Jeff untuk smeentara akan diisi oleh kepala stafnya, Matthew Whitaker.

Pemecatan tersebut cukup mengejutkan banyak pihak, mengingat Trump sendiri yang menunjuk Jeff menjadi Jaksa Agung AS pada awal 2017 lalu. Bahkan, Jeff selama ini dikenal sebagai orang dekat Sang presiden.

Dalam pernyataannya, Jeff sebenarnya disebut mengundurkan diri dari jabatannya. Namun, dalam pernyataannya terkuak, jika ia mundur atas desakan kekuasaan tertinggi.

“Yang terhormat Pak Presiden, atas permintaan Anda, saya mengajukan pengunduran diri,” ujar Jeff dalam surat pengunduran dirinya. “Yang terpenting, selama masa tugas saya sebagai jaksa agung, kami telah menegakkan hukum,” kata mantan Senator Alabama ini. (mb)