Wednesday, 14 November 2018

Bekuk BATE 0-1, Chelsea Sempurna dan Lolos

Jumat, 9 November 2018 — 5:33 WIB
Olivier Giroud rayakan gol ke gawang BATE (reuters)

Olivier Giroud rayakan gol ke gawang BATE (reuters)

BELARUS– Chelsea berhasil membungkam peralawan ketat BATE pada babak penyisihan Grup L Liga Europa di Borisov Arena, Belarus yang berakhir Jumat (9/11/2018) dinihari WIB.
The Blues dengan susah payah berhasil menang 1-0 berkat gol Oliver Giroud pada menit ke-52. Meski hanya menang tipis namun sudah mampu membawa Chelsea lolos ke babak berikutnya.

Bahkan kemenangan ini membawa Arsenal hingga laga keempat di Liga Europa mampu bermain sempurna sebab dari empat laga meraih 12 poin sehingga berhak bercokol di puncak klasemen.

Di bawahnya ada Videoton dengan nilai enam dan di peringkat ketiga PAOK mengemas tiga angka sama dengan BATE yang harus puas sebagaijuru kunci.

Tiga tim masih memiliki kesempatan sama untuk mendampingi Chelsea ke babak berikutnya. Tentu Videoton, PAOK dan BATE di dua sisa laga akan bermain mati-matian agar bisa lolos.
Menghadapi tim asal Belarus itu, Maurizio Sarri pelatih Chelsea memang menurunkan pemain pelapisnya.

Manejer asal Italia ini melakukan rotasi menempatkan Olivier Giroud , Ruben Loftus-Cheek dan Ross Barkley serta di lini belakang, Davide Zappacosta, Emerson, Gary Cahill, dan Andreas Christensen sebagai starting.

Meski demikian The Blues masih terlalu kuat bagi BATE sehinga mampu mendominasi laga.

Namun justru tuan rumah yang pertama memiliki peluang manis ketika menit ke-12, a tembakan kaki kanan Baha dari luar kotak penalti meluncur deras dan menghantam tiang gawang sisi kiri milik Kepa.

Hingga menit ke-26 Chelsea memaksa seluruh pemain BATE turun bertahan. Namun justru ini membuat The Blues kesulitan menembus kotak penalti tuan rumah. Anak-anak London itu harus membuat kreatifitas untuk membongkarnya.Sedangkan BATE sesekali mengancam lewat serangan balik.

Pada menit ke-36 Eden Hazard melakukan tekanan ke area kotak penalti setelah melewati hadangan tiga pemain lawan . Namun usaha bomber Chelsea itu masih berhasil dicegat oleh pertahanan BATE membuat Hazard kecewa. Babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua Chelsea terus mengepung. Dan akhirnya menit ke-56 mampu memecah kebutuan ketika Giroud menanduk umpan Emerson dan bola mengarah ke gawang tanpa sempat dihalau kiper BATE.

Sayang setelah gol ini Chelsea tetap tidak bisa menambah gol karena begitu ketatnya pertahanan BATE meski segala usaha dilakukan.

Hingga wasit meniup pluit panjang Chelsea hanya mampu menang 1-0 dan ini adalah kekalahan ketiga BATE selama babak penyisihan Grup L. (b)