Saturday, 17 November 2018

Jokowi: Tol Merak-Surabaya Akan Tersambung Desember

Jumat, 9 November 2018 — 16:17 WIB
Jokowi didampingi Seskab dan Menteri BUMN meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4, di Gerbang Tol Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Jumat

Jokowi didampingi Seskab dan Menteri BUMN meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4, di Gerbang Tol Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Jumat

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pejagan – Pemalang seksi 3 dan 4 Brebes Timur – Sewaka dan Jalan Tol Pemalang – Batang segmen Sewaka – Simpang Susun Pemalang, di Gerbang Tol Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018) siang.

Dengan peresmian tersebut, menurut Jokpwi, dalam empat tahun terakhir ini satu demi satu konektivitas di negara kita, Indonesia ini, semakin terwujud.

“Konektivitas antarpulau, konektivitas antarprovinsi, konektivitas antarkabupaten/kota, baik berupa pelabuhan, jalan, bandara, sudah semakin terintegrasi. Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau, mulai terhubung,” kata Presiden Jokowi.

Dengan semakin terhubungnya konektivitas tersebut, Presiden berharap keadilan sosial, pemerataan akan semakin nyata di seluruh pulau yang kita miliki. Distribusi barang dan jasa juga semakin lancar.

Presiden Jokowi menjelaskan, bahwa di Pulau Jawa ini dari 870 kilometer jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi, yang telah diselesaikan 640 kilometer. Sebentar lagi akan sambung betul dari Merak sampai ke Surabaya di minggu kedua Desember.

“Ini yang kurang Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Salatiga-Kertasura,” ucap Presiden seperti dikutip dari setkab.

Yang Batang-Semarang, menurut Presiden Jokowi, akan selesai di Desember, Salatiga-Kertasura juga selesai di Desember, Sragen-Ngawi selesai di akhir November, dan Nganjuk-Wilangan akan selesai di bulan Desember.

“Akhirnya akan sambung Merak sampai di Surabaya di bulan Desember. Dan kita harapkan nantinya sampai di Probolinggo sampai Surabaya itu di akhir tahun ini juga sudah tersambung,” terang Presiden seraya menambahkan, tinggal dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai di tahun 2019 yang akan datang.

Presiden berharap, pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR dalam membangun infrastruktur, khususnya jalan tol ini nantinya betul-betul bisa mempercepat distribusi barang dan jasa yang semakin lancar.

Tampak hadir dalam peresmian itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin. (*/b)