Saturday, 17 November 2018

Tiga Bandit Jual 49 Mobil Sewaan ke Caleg dan Tim Kampanye Pilpres

Jumat, 9 November 2018 — 10:58 WIB
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Ulung Sampurna Jaya didampingi Kapolsek Bogor Barat, Kompol Pahyuni dan Kanit Reskrim serta Kasubag Humas, AKP Yuni Astuti .(yopy)

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Ulung Sampurna Jaya didampingi Kapolsek Bogor Barat, Kompol Pahyuni dan Kanit Reskrim serta Kasubag Humas, AKP Yuni Astuti .(yopy)

BOGOR – Komplotan bandit yang menyewa mobil lalu dijual, dibekuk polisi. Dari penangkapan tiga pelaku, Polsek Bogor Barat menyita 49 mobil hasil kejahatan.
Puluhan mobil berbagai type dan jenis ini disita dari 30 pengguna.

Dari informasi pengguna yang mengaku korban penipuan tiga pelaku ini, mobil yang mereka beli dengan harga murah ini, digunakan untuk transportasi kampanye pemilu legislatif dan Pilpres.

Polisi kini mengembangkan kasus ini, guna mengungkap peran 30 pembeli ini. Apakah mereka juga korban atau memang selama ini sebagai penadah.

Dari aksi tiga bandit selama sembilan bulan berjalan, para pelaku sudah menikmati Rp 3,210 miliar uang hasil kejahatan.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Ulung Sampurna Jaya didampingi Kapolsek Bogor Barat, Kompol Pahyuni dan Kanit Reskrim serta Kasubag Humas, AKP Yuni Astuti mengatakan, 49 mobil ini diamankan di Bogor.

kunci

Beberapa mobil oleh pelaku, sedianya akan dikirim ke wilayah Lampung dan Sumatera. Tiap mobil sewaan yang dijual, pelaku mematok harga Rp 20 juta hingga Rp 60 juta tergantung merek dan type kendaraan.

Menurut Kombes Ulung, guna meyakinkan pemilik mobil saat menyewa, pelaku mengaku, jika mobil tersebut disewa oleh Pemda Kabupaten Bogor untuk keperluan operasional di proyek.

“Pelaku menyewa mobil dengan alasan untuk keperluan operasional Pemda Kabupaten Bogor. Ada mobil yang disewa harian, ada yang mingguan dan ada yang bulanan. Mobil yang disewa lalu dijual ini, pemiliknya di Jakarta serta Kota dan Kabupaten Bogor,” kata Kombes Ulung kepada wartawan Jumat (9/11/2018) di Mapolresta Bogor Kota di Jalan Kapten Muslihat.

Kelompok bandit ini diburu polisi setelah ada laporan dari pemilik rental Melohy Cuy di Semplak, rental Ruli dan rental Sumarji di Cilendek Barat, Kota Bogor.

Berbulan-bula  diburu, petugas yang dipimpin Kapolsek Bogor Barat, Kompol Pahyuni, akhirnya petugas menangkap AO (43), N (42) dan H (45).

Selain puluhan mobil, polisi juga menyita barang bukti lain berupa kwitansi pembayaran, surat perjanjian sewa menyewa. Kompol Pahyuni menambahkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku A mengaku menyewa 8 mobil dari rental Melohy Cuy.  Lalu menyewa lagi 22 mobil dari rental Ruli dan 19 mobil dari rental Sumarji.

“Karena tidak membayar beberapa bulan, korban buat laporan ke kami Minggu 21 Oktober 2018. Kami lakukan penyelidikan. Dari hasil lidik, mobil tersebut sudah dipakai orang lain. Kami sita dan pelaku kami tangkap,” kata Kompol Pahyuni.

“Bagi masyarakat yang merasa hilang mobilnya saat disewakan, silahkan datang ke kantor Polsek Bogor Barat dengan membawa surat kepemilikan,” tandas Kapolsek. (yopi/tri)