Thursday, 19 September 2019

Klub-klub Liga Primer Inggris Sepakat Gunakan VAR Musim Depan

Kamis, 15 November 2018 — 23:21 WIB
Wasit Bastian Dankert menggunakan VAR dalam laga Bayern Muenchen vs TSG 1899 Hoffenheim di Allianz Arena, Munich, Jerman, belum lama ini. (reuters)

Wasit Bastian Dankert menggunakan VAR dalam laga Bayern Muenchen vs TSG 1899 Hoffenheim di Allianz Arena, Munich, Jerman, belum lama ini. (reuters)

INGGRIS – Sistem Asisten Wasit Video atau Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan pada Liga Primer Inggris musim 2019/20. Klub-klub Liga Primer Inggris telah bersepakat menggunakan teknologi VAR secara penuh mulai musim depan.

“Klub Liga Primer telah setuju untuk memperkenalkan VAR pada kompetisi musim 2019/20,” demikian rilis Premier League melalui laman resminya, Kamis (15/11/2018).

Rencana penggunaan VAR ini telah disampaikan pada rapat pemegang saham klub. “Klub-klub diberi pemberitahuan tentang uji coba VAR non-aktif yang akan dilakukan oleh liga dan Pejabat Pertandingan Profesional (PGMOL) musim ini,” sambung rilis tersebut.

Sebelumnya, teknologi yang pertama kali digunakan pada 2017 lalu itu sudah digunakan pada Piala FA dan Piala Liga. Selanjutnya, akan pula diterapkan pada kompetisi sepakbola paling bergengsi di Inggris.

Namun sebelum resmi digunakan, pihak Liga Primer pun akan melakukan ujicoba pada sisa musim kompetisi tahun ini. Seiring itu juga akan dilakukan sosialisasi penggunaan VAR kepada fans serta meminta rekomendasi ke FIFA.

“Selanjutnya kami akan secara resmi membuat permintaan kepada Dewan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) dan FIFA untuk menggunakan VAR musim depan,” imbuhnya.

VAR sendiri sebenarnya sudah sepenuhnya digunakan di beberapa liga papan atas Eropa seperti Serie A Italia, Bundesliga Jerman, Liga Prancis, dan La Liga Spanyol. Implementasi VAR pun sangat dirasakan pada Piala Dunia 2018 sehingga rekor penalti terpecah menjadi 28. Bahkan dalam dua pertandingan, yakni Brasil melawan Kosta Rika dan Swedia versus Swiss penalti dibatalkan. (*/ys)