Friday, 23 August 2019

15.000 Pramuka Ikuti Kemnas di Cibubur, Buwas: Jangan Berpolitik Praktis

Jumat, 16 November 2018 — 22:34 WIB
Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu, M.Zahri menyerahkan panah pramuka untuk tanda dibuka Kemah Ukhuwah Nasional 4 kepada Kakwarnas Budi Waseso. (angga)

Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu, M.Zahri menyerahkan panah pramuka untuk tanda dibuka Kemah Ukhuwah Nasional 4 kepada Kakwarnas Budi Waseso. (angga)

DEPOK  – Sebanyak 15.000 anggota Pramuka mengikuti Kemah Ukhuwah Nasional 4 Satuan  Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu (Sako SIT) di Bumi Perkemahan Cibubur (Buperta), Jumat (16/11). Para  anggota Pramuka akan mengikuti kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka.

Ketua Panitia Kemnas IV, Rizal Dharma Saputra, mengatakan selain SIT seluruh Indonesia juga ikut kontingen dari Malaysia dan Thailand berbaur bersatu dengan alam  dalam pengembangan diri bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial baik individu baik sebagai anggota masyarakat.

“Tujuan agenda empat (4) tahunan ini adalah meningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan, keterampilan, jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, serta persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang dalam bingkai nilai-nilai keislaman,”ujarnya.

Sedangkan Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu, M.Zahri menambahkan ada sebanyak 2.000 Sekolah Islam Terpadu dari seluruh Indonesia, Malaysia, dan Thailand ikut serta dalam kegiatan Kemah Ukhuwah Nasional 4.

“Dalam kegiatan ini kita dapat membentuk mental berbhinekaan dalam mengokohkan kemandirian Bangsa dan NKRI ditanamkan sejak  dini,” tambahnya.

Selain itu  Zahri mengajak pada anggota Pramuka untuk ikut membangun peradaban bangsa. “Perkemahan acara kita kali ini berbeda dari kemah-kemah yang ada seperti para anggota diajarkan solah Tahajud bersama, menjaga kebersihan lingkungan, dan hari ketiganya pentas sosial melakukan bhakti sosial membantu korban Donggala dan Palu,” tuturnya.

Selain itu dalam pembukaan Kemnas IV, langsung dibuka langsung KAKwarnas Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Dalam sambutannya di depan para 15.000 anggota Kemnas IV menyebutkan bahwa anggota Pramuka  jangan melakukan politik praktis.

“Tahun politik sekarang ini jangan berpolitik praktis dalam mendukung dari salah satu pasangan calon,” ujar mantan Kepala BNN ini. (angga/win)