Monday, 10 December 2018

Dramatis, Tahan Imbang Jerman 2-2 Belanda Lolos

Selasa, 20 November 2018 — 6:34 WIB
Virgil van Dijk  rayakan gol ke gawang Jerman (reuters)

Virgil van Dijk rayakan gol ke gawang Jerman (reuters)

JERMAN– Dramatis, sempat tertinggal 0-2 pada babak pertama akhirnya Belanda mampu menahan imbang tuan rumah Jerman jadi 2-2 pada babak penyisihan Grup1 Liga A UEFA Nations League di VELTINS-Arena, Selasa (20/11) dini hari WIB.

Hasil ini membawa Belanda memuncaki klasemen Grup 1 dengan mengemas nilai tujuh sebetulnya sama dengan Prancis di bawahnya hanya saja Belanda agregat head-to-head. Sedangkan Jerman hingga laga keempat tidak pernah menang hanya memiliki dua poin.

Jerman unggul lewat gol Timo Wener menit kesembilan dan gol Leroy Sane. Namun Belanda mampu membalas lewat gol telat dari Promes menit ke-85 dan V. van Dijk menit ke-90. Dan laga seru ini membawa Belanda lolos semifinal.

Meski tidak lagi mampu membawa Jerman lolos, namun sebagai tuan rumah tentu mereka tidak ingin kalah di depan pendukungnya. Apalagi Tim Panzer ini belum pernah menang di turnamen ini.

Oleh karena itu sejak menit awal Jerman langsung menekan pertahanan Belanda dan hasilnya menit kesembilan sudah unggul. Adalah Timo Werner yang mencatatkan namanya di papan skor setelah striker RB Leipzig itu menguasai umpan Serge Gnabry dan melepas tendangan setengah voli.

Bahkan menit ke-20, Jerman kembali menambah gol lewat Leroy Sane. Awalnya Toni Kroos melepaskan umpan jauh ke kotak penalti lalu Winger Manchester City lalu melepas tembakan keras. Bola sedikit berbelok karena membentur Kenny Tete dan ini membuat Jasper Cilessen terkecoh sehingga gagal menjangkaunya. Skor 2-0 untuk Jerman.

Gol tersebut membuat Jerman lebih nyaman dan terus menguasai laga hingga babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-0.

Memasuki babak kedua, pelatih Belanda Ronald Koeman mengganti beberapa pemainnya. Ryan Babel ditarik keluar dan digantikan oleh Javairo Dilrosun. Kemudian, Georginio Wijnaldom digantikan oleh Tonny Vilhelna dan Dilrosun digantikan oleh Luuk De Jong.

Hasilnya Belanda mampu lepas dari tekanan tuan rumah bahkan terus berusaha membongkar pertahanan Der Panzer.

Perjuangan keras Belanda membawa hasil. Menit ke-85, mampu memperkecil kekalahan lewat gol cantik Quincy Promes . Ia menguasai umpan Marten de Roon, lalu melepas sepakan lengkung ke sudut gawang Manuel Neuer. Skor 2-1 untuk Jerman.

Selang lima menit, Virgil van Dijk sukses menyamakan kedudukan. Sapuan tak sempurna dari lini belakang Jerman membuat bek Liverpool itu sukses menceploskan bola ke gawang Neuer.

Pada sisa waktu yang ada Jerman berusaha menekan Belanda. Namun hingga wasit meniup peluit panjang kedudukan tetap imbang 2-2 dan ini memastikan Oranje lolos ke putaran final UEFA Nations League.(b)